Dark/Light Mode

Saingan Sama Ulaanbaatar, Jakarta Kota Terpolusi di Dunia

Kamis, 1 Agustus 2019 08:48 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Predikat kota terpolusi di dunia, masih menempel erat pada Kota Metropolitan Jakarta, ibukota negara tercinta.

Jakarta yang pada Senin (29/7) menjadi ranking 1 kota terpolusi di dunia dengan indeks kualitas udara 196, sebenarnya mampu menurunkan angka tersebut menjadi 153 atau turun 43 poin pada Kamis (1/8) pagi. Namun, tetap saja masih ada di peringkat teratas kota paling berpolusi sedunia.

Baca juga : Jangan Macam-macam, Pelaku Jerat Harimau Bakal Kena Sanksi Hukum

Pemeringkatan kota yang disusun berdasarkan kualitas udara dan polusi oleh Air Visual pada Kamis (1/8) pukul 08.46 WIB menyebutkan, saat ini kota yang dipimpin Gubernur Anies Baswedan ada di peringkat 2 dengan indeks kualitas udara US AQI 153. Angka ini sedikit lebih baik dibanding Kota Ulaanbaatar di Mongolia, yang ada di peringkat 1 dengan US AQI 155.

Indeks kualitas udara Jakarta yang mencapai angka 153, masuk dalam kategori tidak sehat dengan parameter PM2.5 konsentrasi 59,1 ug/m3.

Baca juga : Kembangkan Kasus Meikarta, KPK Tak Berhenti pada Bartholomeus dan Iwa Kurniwa

Lima besar kota lain yang masuk dalam Daftar Kota Terpolusi di Dunia, di bawah Ulanbaatar dan Jakarta adalah Dhaka (Bangladesh) dengan indeks US AQI 151, Dubai (Uni Emirat Arab) 120, dan Chengdu (China) 102. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.