Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Masyarakat di Budapest Rayakan HUT Kemerdekaan Dengan Pesta Rakyat

Sabtu, 17 Agustus 2019 18:49 WIB
Masyarakat Indonesia di Budapest, Hongaria, menyambut perayaan HUT Kemerdekaan RI dengan ikut upacara mengenakan pakaian daerah. (Foto KBRI Budapest)
Masyarakat Indonesia di Budapest, Hongaria, menyambut perayaan HUT Kemerdekaan RI dengan ikut upacara mengenakan pakaian daerah. (Foto KBRI Budapest)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Budapest, Hongaria, dipenuhi dengan masyarakat Indonesia berpakaian Nusantara sejak pukul 09.00. Mereka ikut memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8).

Suasana tambah semarak dengan pakaian berwarna-warni itu. "Kami mengimbau seluruh warga negara Indonesia dan pencinta Indonesia untuk dapat menggunakan pakaian daerah atau nasional Indonesia,” keterangan Duta Besar RI untuk Budapest AH Dimas Wahab.

Baca juga : Sejumlah Tokoh Masyarakat Meriahkan HUT RI Ke-74 di kantor KNRP

“Dengan menggunakan pakaian daerah diharapkan akan dapat memupuk semangat persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia yang berada di Hongaria," imbuhnya.

Dubes Dimas menekankan, semua WNI yang berada di Hongaria merupakan duta bangsa. Dengan demikian harus dapat menjaga martabat dan citra diri sebagai Bangsa Indonesia.

Baca juga : Meriahkan Hari Kemerdekaan, KAI Gratiskan Kereta Api Lokal

Para petugas dalam melaksanakan kewajibannya juga menggunakan pakaian daerah yang melambangkan Bhinneka Tunggal Ika. Tim Sanggar Kinanthi dan SMA PU Al Bayaan Sukabumi juga turut berpartisipasi dalam kegiatan Upacara Penaikan Bendera. Sebanyak 35 orang akan tampil di Kecskemet pada 18 – 21 Agustus 2019 hadir sebagai tim paduan suara.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan pesta rakyat yang menampilkan berbagai  pertunjukan. Seperti gamelan Jawa dari tim Surya Kencana binaan KBRI Budapest. Sedangkan Tari Kecak dan Saman dibawakan sanggar Kinanthi Budaya. Tidak lupa acara ini dilengkapi dengan suguhan asli Indonesia. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.