Dark/Light Mode

Pedangdut Kristina Turut Meriahkan HUT RI ke-74 di Kopenhagen

Minggu, 18 Agustus 2019 11:57 WIB
Dubes RI untuk Denmark, Ibnu Saud menyerahkan bendera pusaka kepada anggota paskibraka, dalam upacara HUT RI ke-74 di KBRI Kopenhagen, Denmark, Sabtu (17/8). (Foto: KBRI Copenhagen)
Dubes RI untuk Denmark, Ibnu Saud menyerahkan bendera pusaka kepada anggota paskibraka, dalam upacara HUT RI ke-74 di KBRI Kopenhagen, Denmark, Sabtu (17/8). (Foto: KBRI Copenhagen)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hujan yang cukup deras, tidak menghalangi masyarakat dan diaspora yang tinggal di Denmark untuk tetap datang dan mengikuti upacara khidmat di KBRI Kopenhagen. Duta Besar (Dubes) RI untuk Denmark M Ibnu Said, bertindak sebagai pembina upacara.

Sebagian dari mereka yang tinggal di daerah Jutland, rela menempuh waktu sekitar 4 hingga 5 jam untuk ikut memeriahkan HUT RI. Tidak hanya mereka yang tinggal di Denmark, mereka yang tinggal di Kota Lund, wilayah perbatasan Swedia dan Denmark, juga turut meramaikan. Mayoritas hadir, mengenakan pakaian daerah.

"Walaupun hujan, Masyarakat dan diaspora Indonesia tetap antusias mengikuti upacara. Masyarakat Indonesia selalu semangat dan siap untuk memajukan Indonesia. Indonesia unggul, Indonesia maju,” ujar Dubes Ibnu Said.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan hari kemerdekaan RI di Kopenhagen dimeriahkan oleh goyangan musik dangdut. Penyanyi dangdut Kristina sengaja terbang dari Jakarta, khusus untuk menghibur masyarakat Indonesia di Denmark pada HUT RI ke-74 ini.

Aksi panggung pedangdut Kristina (kanan), saat menghibur para undangan peringatan HUT RI ke-74 di KBRI Kopenhagen, Denmark, Sabtu (18/9) (Foto: KBRI Kopenhagen)

Baca juga : Semarak Pakaian Adat Meriahkan HUT RI ke-74 di Budapest

“Ini pertama kalinya saya menyanyi di Kopenhagen, dan juga pertama kalinya menyanyi sebanyak ini dalam acara yang diselenggarakan KBRI. Itu karena masyarakat Indonesia di Denmark ini sangat baik-baik dan asyik-asyik, sehingga saya lupa sudah menyanyi berapa lagu,” ujar Kristina sambil tertawa usai pentas.

Deretan lagu dangdut seperti “Sang Pujangga”, “Secawan Madu”, “Goyang Dumang”, “Terlena”, “Duren Sawit”, “Pacar 5 Langkah”, serta “Lagi Syantik” dinyanyikan di depan masyarakat Indonesia di halaman KBRI Kopenhagen.

Dubes Ibnu Said dan Ibu Ari Sri Lestari juga ikut naik ke atas panggung melantunkan lagu “Jatuh Bangun”. Kristina juga memenuhi permintaan penonton untuk menyanyikan lagu daerah asal mereka, seperti dari Sumatera Utara, Ambon, dan Manado, sebagai obat rindu akan kampung halaman.

“Saya senang sekali dan tadi sempat deg-degan di atas panggung. Terharu rasanya menyanyikan lagu dari kampung saya di Ambon,” ujar Linda, WNI asal Ambon yang sudah 13 tahun tinggal di Denmark.

Baca juga : Jangan Korbankan NKRI

Masyarakat yang hadir pun melambaikan bendera Merah Putih ketika lagu ”Tanah Air” dan ”Indonesia Pusaka” dinyanyikan bersama-sama. Tidak hanya itu, Kristina juga memenuhi permintaan warga Denmark untuk menyanyikan lagu ”To Love Somebody”.

Berbagai perlombaan khas 17-an seperti lomba bakiak, tarik tambang dan balap karung baik oleh anak-anak maupun dewasa. Tidak hanya WNI, warga Denmark yang merupakan friends of Indonesia juga ikut memeriahkan. Seperti Mads, Mark, dan Rasmus, alumni Darmasiswa yang selalu menyempatkan diri untuk hadir pada acara-acara yang diselenggarakan KBRI Kopenhagen.

”Kami sebagai alumni Darmasiswa senang berada di sini. Walaupun cuaca tidak terlalu mendukung, tapi semua berjalan lancar,” ujar Rasmus. Sedangkan Mads mengatakan bahwa dia selalu menanti acara di KBRI Kopenhagen, karena itu adalah satu-satunya tempat, di mana dia bisa menikmati makanan Indonesia di Kopenhagen.

Dalam acara ini, juga diserahkan hadiah bagi pemenang berbagai macam kompetisi olah raga yang diadakan dalam serangkaian HUT RI Ke-74. Antara lain lomba memancing, bulu tangkis, dan tenis meja.

Baca juga : Pegadaian Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Pulau Buru

Berdasarkan data Danmark Statistik, pada tahun 2018, tercatat 979 WNI yang tinggal di Denmark, dengan rincian 363 laki-laki dan 616 perempuan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.