Dark/Light Mode

Wawancara Eksklusif Rakyat Merdeka Dengan Dubes Manoj Kumar Bharti

Indonesia-India Makin Lengket

Senin, 20 Februari 2023 06:00 WIB
Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Manoj Kumar Bharti
Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Manoj Kumar Bharti

 Sebelumnya 
Jadi, saya akan mengatakan bahwa hubungan bilateral kita benar-benar menguat dalam dua tahun terakhir. Selama pandemi kita memiliki kerja sama yang sangat baik. Kami menyediakan obat-obatan ketika dibutuhkan, padahal ketika itu kasus positif Covid-19 mencapai puncaknya di India, Indonesia kemudian menyusul satu bulan kemudian.

Jadi, saat puncaknya di India, kami mendapat cukup banyak bantuan dari pihak Indonesia untuk tabung oksigen, dan semacamnya. Dan ketika puncaknya di Indonesia, kami banyak menyuplai tangki oksigen secara besar-besaran.

Baca juga : India-Indonesia Saudara Kembar

Jadi, itu adalah kerja sama yang sangat intens. Kami juga memutuskan untuk melibatkan Indonesia di bawah skema Covid. Kami menyediakan banyak vaksin diekspor ke sekitar 190 negara di dunia. Jadi pandemi justru menambah kedekatan kedua negara.

Bagaimana kerja sama ekonomi kedua negara? Tantangan apa yang dihadapi pebisnis India di Indonesia?

Baca juga : Kampus Mengajar Perkuat Pendidikan Di Sulteng

Sejak saya menjabat sebagai Duta Besar untuk Indonesia dan Timor Leste, saya menyaksikan pencapaian dagang bilateral yang bagus pada 2018. Ketika kedua pemimpin, Perdana Menteri Modi dan Presiden Jokowi bertemu, mereka telah menetapkan target perdagangan bilateral mencapai 50 miliar dolar AS untuk 2025.

Pada 2018, nilai perdagangan bilateral kita sekitar 19 miliar dolar AS. Tetapi sepanjang 2022, menurut Lembaga Statistik Indonesia, angka perdagangan bilateral telah mencapai lebih dari 32 miliar dolar AS. Jadi dalam dua tahun terakhir, meski ada pandemi, kami mencatatkan pertumbuhan 60 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.