Dark/Light Mode

Wawancara Eksklusif Rakyat Merdeka Dengan Dubes Manoj Kumar Bharti

Indonesia-India Makin Lengket

Senin, 20 Februari 2023 06:00 WIB
Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Manoj Kumar Bharti
Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Manoj Kumar Bharti

 Sebelumnya 
Jika kedua negara meneruskan tren ini, tiga tahun ke depan kita akan mencapai angka 50 miliar dolar AS dengan mudah. Poin penting di sini, surplus perdagangan Indonesia atas India meningkat pesat.

Pada 2022, Indonesia mengekspor ke India, senilai hampir 23 miliar dolar AS dan kami mengekspor hampir 9 miliar dolar AS. Indonesia menikmati surplus perdagangan hampir 14 miliar dolar AS atas India. Maka dari sisi itu pula, Indonesia menjadi mitra yang sangat penting bagi india.

Baca juga : India-Indonesia Saudara Kembar

Kami mengimpor batubara senilai hampir 5 miliar dolar AS. Mungkin angka kotornya senilai 6 miliar dolar AS. Ada juga kelapa sawit senilai hampir 4,5 miliar dolar AS. Kami banyak mengimpor dari Indonesia. Secara statistik, Indonesia adalah mitra dagang terbesar kedua setelah Singapura.

Sebaiknya bagaimana menurut anda?

Baca juga : Kampus Mengajar Perkuat Pendidikan Di Sulteng

Tujuan kami adalah bagaimana menyeimbangkan angka ekspor dan impor kami ke Indonesia. Dan kami telah memberi tahu para pembuat kebijakan di berbagai kementerian dan departemen untuk membantu kami mencapai keseimbangan dalam angka perdagangan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.