Dark/Light Mode

Seni Budaya Rusia-Indonesia Dipamerkan Di Museum Torzhok

Jumat, 10 Maret 2023 20:22 WIB
Para pengunjung menikmati pameran seni budaya Rusia-Indonesia yang digelar di Museum Etnografi Kota Torzhok, Tver, Rusia. (Foto RM/KBRI Moskow)
Para pengunjung menikmati pameran seni budaya Rusia-Indonesia yang digelar di Museum Etnografi Kota Torzhok, Tver, Rusia. (Foto RM/KBRI Moskow)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow menggelar Pameran “Two Countries. Loyalty to Tradition” di Museum Etnografi Kota Torzhok, Provinsi Tver, Rusia, pada 7 Maret-19 April 2023. Pameran ini mengolaborasikan seni budaya Rusia-Indonesia.

Di pameran ini para pengunjung dapat menikmati koleksi 20 helai kain batik dari berbagai daerah di Indonesia, wayang golek, patung kayu, kerajinan tangan asal Indonesia, serta lukisan karya pelukis Rusia dan benda-benda budaya koleksi museum.

Baca juga : Garuda Nusantara Jangan Kendor

Mewakili Dubes RI Moskow dalam pembukaan pameran, Selasa (7/3), Wakil Kepala Perwakilan Berlian Helmy mengatakan, seni membatik merupakan tradisi masyarakat Jawa yang telah berusia ratusan tahun dan kemudian berkembang di daerah-daerah lain di Indonesia.

Menurut Berlian, berkat motifnya yang indah dan teknik pembuatan yang unik menjadikan batik masuk dalam daftar UNESCO sebagai warisan dunia non-benda asal Indonesia pada 2 Oktober 2009. Dan, Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Batik Nasional.

Baca juga : Tim Para-Atletik Indonesia Raih 5 Emas Di Dubai

"Masyarakat di Indonesia juga sudah lama menjadikan batik sebagai pakaian sehari-hari maupun pakaian resmi,” katanya ketika membuka pameran, dalam keterangan yang diterima Rakyat Merdeka, Jumat, 10 Maret 2023.

Berlian berharap, lewat pameran ini masyarakat Rusia akan semakin memahami budaya Indonesia sehingga peluang kerja sama antara kedua negara semakin terbuka.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.