Dark/Light Mode

Seni Budaya Rusia-Indonesia Dipamerkan Di Museum Torzhok

Jumat, 10 Maret 2023 20:22 WIB
Para pengunjung menikmati pameran seni budaya Rusia-Indonesia yang digelar di Museum Etnografi Kota Torzhok, Tver, Rusia. (Foto RM/KBRI Moskow)
Para pengunjung menikmati pameran seni budaya Rusia-Indonesia yang digelar di Museum Etnografi Kota Torzhok, Tver, Rusia. (Foto RM/KBRI Moskow)

 Sebelumnya 
Sementara itu, Plt Wali Kota Torzhok SV Kulagin dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Kepala Dinas Kebudayaan Kota Torzhok, Natalia Golubyeva mengatakan, melalui kolaborasi pameran benda-benda tradisional dari Indonesia dan Rusia ini, para pengunjung dapat menyaksikan sendiri keunikan budaya masing-masing negara.

Untuk memeriahkan acara disuguhkan pertunjukan musik dan tari oleh grup folklor “Kalina” Kota Torzhok pimpinan Natalia Nevedcenkova serta tarian Batik yang dibawakan 2 penari Kirana Nusantara Dance binaan KBRI Moskow.

Baca juga : Garuda Nusantara Jangan Kendor

Suasana semakin syahdu dengan suguhan tembang Jawa alat musik rebab minus one yang dibawakan staf KBRI Moskow, Tri Koyo.

“Unik sekali suaranya, komposisi bunyi rebab dan suara gamelan yang melatari membuat suasana seperti jika kita berlatih yoga atau tengah melakukan terapi,” ujar Darya Karacheva, kurator seni dari Gallery Smirnov, Moskow.

Baca juga : Tim Para-Atletik Indonesia Raih 5 Emas Di Dubai

Pameran ini terselenggara berkat kerja sama KBRI Moskow, Museum Etnografi Torzhok, lembaga Friendship Society with Indonesia, Russian Association for International Cooperation, serta Art Project "Through the Eyes of an Artist". 

Sebagai informasi, Torzhok adalah salah satu kota di Tver oblast yang berjarak sekitar 200 km dari Moskow, dengan penduduk 40.000 jiwa dan didirikan lebih 1.000 tahun silam. Di kota ini banyak terdapat bangunan kayu abad XVII-XIX yang terpelihara baik. Di kota ini terdapat industri alat pemadam kebakaran, industri percetakan, dan juga kerajinan sulaman benang emas.

Baca juga : Lawan Persija Ditunda, Luis Milla: Tidak Fair

Museum Etnografi yang menjadi lokasi pameran, dulunya adalah Hotel Pozarski yang terkenal di abad XX sebagai tempat singgah keluarga kaisar Rusia dalam perjalanan dari St Petersburg ke Moskow. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.