Dark/Light Mode

7 Fakta Menarik Penobatan King Charles, Ada Terkait Indonesia

Jumat, 5 Mei 2023 19:29 WIB
Foto King Charles dan Ratu Camilla dirilis Istana Buckingham Palace, Jumat, 28 April 2023, menjelang hari penobatan 6 Mei 2023. (Foto Hugo Burnand/Buckingham Palace)
Foto King Charles dan Ratu Camilla dirilis Istana Buckingham Palace, Jumat, 28 April 2023, menjelang hari penobatan 6 Mei 2023. (Foto Hugo Burnand/Buckingham Palace)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tanggal 6 Mei 2023 menjadi hari yang bersejarah bagi Raja Charles III yang naik takhta 8 September 2022 setelah kematian ibunda, Ratu Elizabeth II, ratu Inggris yang paling lama berkuasa. King Charles akan dinobatkan di Westminster Abbey bersama Permaisuri Ratu Camilla. 

Berikut fakta-fakta menarik tentang King Charles dan seputar penobatannya yang dirangkum dari keterangan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Jumat (5/5).

1. Disaksikan dunia dan jadi pertunjukan bagi turis di London

Penobatan Yang Mulia, Raja dan Permaisuri Ratu, adalah peristiwa penting bagi Kerajaan Inggris Raya dan akan disaksikan seluruh dunia. Peristiwa ini akan menjadi pertunjukan besar, bagi orang-orang dari seluruh dunia yang mengunjungi ibu kota Inggris untuk menyaksikan acara bersejarah tersebut.

Menurut Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Jumat (5/5), selain menjadi tradisi, acara penobatan ini juga akan mencerminkan Inggris yang modern dan multikultural. Raja Charles akan menggunakan kesempatan ini untuk memajukan semangatnya terhadap generasi muda, komunitas, keragaman dan keberlanjutan.

Baca juga : Sekretaris MA Hasbi Hasan Dikabarkan Jadi Tersangka, Ini Kata KPK

2. Menjadi Kepala Negara Inggris dan 14 Negara Persemakmuran

 Charles akan dimahkotai sebagai Raja Inggris dan 14 negara Persemakmuran lainnya yang mana dia menjadi Kepala Negara.

3. Raja ke-40 yang ucapkan sumpah setia

Raja Charles III akan menjadi raja ke-40 yang mengucapkan sumpah setia.

4. Mahkotanya berat, dari emas bertabur 444 batu mulia.

Baca juga : BKM Pusat Siapkan Program Untuk Berdayakan Masjid Di Indonesia

Ayah dari Pangeran William dan Harry itu akan mengenakan mahkota St Edward, yang awalnya dibuat untuk Raja Charles II pada tahun 1661. Mahkota itu dihiasi 444 batu mulia termasuk rubi, batu kecubung, dan safir. Mahkota ini sangat berat sehingga Raja hanya akan memakainya pada saat penobatan.

5. Perayaan Di Jakarta

Kedutaan Besar Inggris Jakarta akan mengadakan acara tertutup bagi komunitas masyarakat Inggris dan Persemakmuran untuk memperingati Penobatan Raja Charles III pada 6 Mei ini.

6. Pernah ke Yogyakarta dan Jambi

Pada  2008, Charles yang menjabat sebagai Pangeran Wales, datang ke Indonesia. Kunjungan tersebut bertujuan mendorong pemahaman yang lebih baik antar agama, dan mempromosikan masa depan rendah karbon yang berkelanjutan serta mengembangkan kesempatan kerja bagi kaum muda.

Baca juga : Bertepatan Dengan Hardiknas, Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023 Resmi Dibuka

Atas undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat itu, Pangeran Wales memberikan Presidential Lecture di Jakarta. Selama berada di Indonesia, ia juga berkesempatan mengunjungi kota Yogyakarta dan Jambi.

Keluarga Kerajaan selalu menjadi diplomat yang paling dicontoh dan terkenal dengan perannya yang luar biasa dalam membangun hubungan persahabatan dengan negara lain," kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins.

7. Peduli dengan isu lingkungan dan masyarakat pedesaan

Dia telah menjalin hubungan erat dengan banyak organisasi, secara umum mendukung mengatasi isu-isu yang berkaitan dengan lingkungan, masyarakat pedesaan, lingkungan binaan, seni, kesehatan, dan pendidikan. 

"Pekerjaan dan kemitraan kami dengan Indonesia ditentukan oleh layanan publik dan pemahaman internasional. Penting bagi kami untuk dapat berkontribusi menyelesaikan masalah-masalah yang telah dibicarakan Yang Mulia Raja dengan penuh semangat. Penobatan Yang Mulia Raja Charles III akan menjadi lebih istimewa karena hal-hal penting tersebut," pungkas Dubes Inggris.■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.