Dark/Light Mode

Jill Biden Hadir Makan Besar, Rishi Sunak Suguhi Sandwich Dan Teh

Minggu, 7 Mei 2023 23:54 WIB
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak jadi tuan rumah pesta jalanan di Downing Street, Minggu (7/5), untuk merayakan penobatan Raja Charles III. (Foto Reuters)
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak jadi tuan rumah pesta jalanan di Downing Street, Minggu (7/5), untuk merayakan penobatan Raja Charles III. (Foto Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan istri, Akshata Murty, menjadi tuan rumah bagi acara pesta jalanan, makan besar, Coronation Big Lunch, Minggu (7/5). Ia menyuguhkan sandwich dan teh dalam cara makan siang besar itu.

Jutaan orang Inggris terlibat dalam Coronation Big Lunch, Minggu (7/5), untuk merayakan penobatan Raja Charles III. Meja-meja untuk jamuan makan siang disusun di sepanjang jalanan, termasuk di kawasan Downing Street.

PM Rishi Sunak menyapa tamu-tamunya. Tampak Jill Biden (duduk ketiga kiri). (Foto Pool/AFP/Getty Images)

Terdengar obrolan seru saat para tamu menyesap minuman dan berfoto di depan pintu Downing Nomor 10 yang terkenal sebagai kediaman resmi dan kantor PM Inggris.

Meja dan jalanan dihiasi bendera Union Jack. Suguhan musik juga menambah semarak acara di Downing Stree. Di jalanan itu, Sunak dan istri, Akshata Murty, menjadi tuan rumah.

Suasana Coronation Big Lunch di Downing Stree, London.

Baca juga : Pergerakan Kendaraan Di Puncak Arus Balik Ke-2 Lancar Dan Terkendali

Sunak mengundang sukarelawan, pengungsi Ukraina dan anggota kelompok pemuda dalam pestanya. Tamu istimewa lainnya adalah Ibu Negara Amerika Serikat Jill Biden dan cucunya, Finnegan Biden.

Di tempat lain, Duke dan Duchess of Edinburgh, Pangeran Edward dan Putri Sophie menghadiri makan siang besar di Cranleigh. Sementara Princess Royal, Putri Anne dan suaminya Sir Tim Laurence bergabung dalam pesta di Swindon.

Rakyat Inggris gelar pesta jalanan bagian dari Coronation Big Lunch. (Foto Daily Mail)

Sedangkan Putri Beatrice dan Putri Eugenie ambil bagian dalam makan siang besar di Windsor. Bagaimana dengan Prince dan Princess of Wales?

Pangeran William dan istriya, Kate Middleton mengejutkan para tamu di kawasan Windsor dengan berjalan-jalan dan menyapa mereka saat jamuan itu.

Baca juga : GMC Jambi Adakan Bazar Sembako Murah Dan Peduli Kaum Duafa

Sementara Raja dan Ratu Camilla tidak ikut dalam kegiatan itu, menyerahkan tugas tersebut kepada anggota keluarga kerajaan lainnya.

Jadwal Makan Siang Besar

Dilansir The Telegraph, biasanya, acara Makan Siang Besar berlangsung secara nasional selama akhir pekan pertama bulan Juni. Namun, untuk merayakan penobatan Raja, tanggalnya dimajukan menjadi 7 Mei, sehari setelah penobatan Raja dan Permaisuri di Westminster Abbey.

Makan Siang Besar dirancang sefleksibel mungkin, sehingga penyelenggara mengundang peserta untuk ambil bagian kapan saja antara 6-8 Mei, atau tanggal apa pun di bulan Juni.

Baca juga : Sahabat Ganjar Hadirkan Bazar Murah Untuk Warga Malang Dan Surabaya

Warga bisa mengadakan pesta jalanan, pesta kebun, dan kumpul-kumpul komunitas. Jika siang hari tidak bisa, warga boleh saja menyelenggarakan “Lunar Lunch” di bawah cahaya bulan.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.