Dark/Light Mode

Menang Pemilu, Erdogan Siap Tarung Di Pilpres Putaran Kedua

Senin, 15 Mei 2023 14:31 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan saingannya, Kemal Kilicdaroglu, siap berhadapan di Pilpres Turki putaran kedua. (Foto Financial Times)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan saingannya, Kemal Kilicdaroglu, siap berhadapan di Pilpres Turki putaran kedua. (Foto Financial Times)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilu Turki dimenangkan Presiden Recep Tayyip Erdogan. Namun ia gagal meraup minimal 50 persen suara. Dengan perolehan suara yang bersaing ketat dengan rivalnya, Kemal Kilicdaroglu. Erdogan bersiap untuk pertarungan Pilpres Turki putaran kedua, 28 Mei mendatang.

Kantor Berita Anadolu memberitakan, setelah hasil hitung cepat tak ada pemenang mutlak dalam pemilu Turki pada Minggu (14/5).

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Senin 15 Mei Hadir Di Carrefour Harapan Indah

Dari 96 persen dari keseluruhan suara yang masuk sudah dihitung. Erdogan memimpin dengan 49,44 persen suara dan Kilicdaroglu menyusul di angka 44,86 persen.

Merujuk pada konstitusi Turki, seorang calon presiden harus mengantongi paling tidak 50 persen suara untuk dapat dinyatakan sebagai pemenang pemilu.

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota 11 Mei, Hadir Di Pospol Duta Garden Benda

"Kita belum tahu pemilu bakal berakhir di putaran pertama atau tidak. Jika bangsa ini memilih untuk putaran kedua, itu juga bisa diterima," ujar Erdogan, seperti dilansir Associated Press.

Sebagai rival utama Erdogan, Kilicdaroglu juga mengaku siap melawan sang petahana di putaran kedua. Kilicdaroglu yakin dapat mengalahkan Erdogan di putaran kedua. Menurutnya, rakyat sudah tak percaya lagi setelah dipimpin beberapa dekade oleh Erdogan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.