Dark/Light Mode

Dikunjungi Bos Beringin Dan Gerindra

JK Bakalan Pilih Capres Yang Cerdas Dan Jujur

Sabtu, 6 Mei 2023 07:20 WIB
Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan 12 Jusuf Kalla. (Foto: Instagram @jusufkalla).
Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan 12 Jusuf Kalla. (Foto: Instagram @jusufkalla).

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan 12 Jusuf Kalla alias JK menjadi tujuan silaturahmi para calon kandidat Pilpres 2024. Mulai dari eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto hingga Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

Apakah JK sudah memiliki pilihan yang akan didukungnya di pesta demokrasi mendatang? “Belum ada. Nanti kalau sudah jelas siapa yang maju. Kalau sekarang Pak JK memberikan dukungan, terlalu dini, tentu tidak fair,” ujar orang dekat JK, Iskandar Mandji, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Kowarteg Indonesia Diapresiasi Masyarakat Surabaya

Ketua Dewan Pembina Jenggala Center ini mengatakan, JK merupakan seorang negarawan yang memiliki pengaruh besar di Indonesia. Restunya, memberikan pengaruh besar dalam kontestasi. Buktinya, dukungan JK mengantarkan Jokowi dua periode menjadi presiden.

Sontak, kediaman JK menjadi pilihan para calon kontestan untuk bersilaturahmi di tahun politik ini. Mulai dari Anies, Prabowo, hingga Airlangga bergantian datang ke kediaman JK di bilangan Brawijaya Raya, Jakarta Selatan.

Baca juga : Yuk Ikutan bjb Beruntung Dan Segera Buka Tabungan bjb Tandamata Purnabakti

“Semua orang pasti datang ke Pak JK. Prabowo, Anies, dan Airlangga sudah. Karena be­liau dianggap orang tua. Semua diterima dengan baik oleh Pak JK. Beliau meminta agar mereka nanti bertarung dengan adil,” katanya.

Iskandar menegaskan, sekali­pun JK belum menentukan siapa capres yang dukungnya, tapi ada lima indikator pilihan dalam menentukan jagoan di sebuah kontestasi.

Baca juga : Anies Tetap Jadi Capres Idola Partai Ummat

Pertama, harus memililki pengalaman, track record baik di dalam pemerintahan, berbangsa, hingga bermasyarakat. Kedua, memiliki intelektualias karena seorang pemimpin negara tentu harus cerdas setidaknya ketika mewakili bangsa di luar negeri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.