Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diaspora Indonesia Di 12 Kota Di AS Kompak Dukung Ganjar Pranowo

Kamis, 25 Mei 2023 11:20 WIB
Bertepatan dengan minggu perayaan Hari Kebangkitan Nasional, berbagai elemen masyarakat dari puluhan kota di AS serentak menyelenggarakan pertemuan dan sosialisasi yang bertujuan untuk mengarahkan suara warga negara Indonesia di Amerika Serikat untuk mendukung Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Bertepatan dengan minggu perayaan Hari Kebangkitan Nasional, berbagai elemen masyarakat dari puluhan kota di AS serentak menyelenggarakan pertemuan dan sosialisasi yang bertujuan untuk mengarahkan suara warga negara Indonesia di Amerika Serikat untuk mendukung Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bertepatan dengan minggu perayaan Hari Kebangkitan Nasional, berbagai elemen masyarakat dari puluhan kota di AS serentak menyelenggarakan pertemuan dan sosialisasi yang bertujuan untuk mengarahkan suara warga negara Indonesia di Amerika Serikat untuk mendukung Ganjar Pranowo.

Dimulai dari Utah dan Hawaii, rangkaian pertemuan-pertemuan tersebut diselenggarakan di Arkansas, Atlanta, Chicago, Colorado, Las Vegas, Little Rock, Los Angeles, New York, Oklahoma City sampai Seattle dan dihadiri ratusan diaspora di kota-kota tersebut. Adapun penyelenggaraan sosialisasi ini sesuai dengan instruksi yang disampaikan pada pertemuan ormas Ganjarian Spartan beberapa waktu yang lalu melalui Zoom untuk terus bergerak melalui jejaring media sosial.

Antusias warga dalam menyuarakan dukungan atas pencalonan Ganjar juga didasari oleh komitmen Ganjar atas kemajuan demokrasi dan toleransi di Indonesia.

“Kami juga terus berkoordinasi dengan berbagai organ relawan di Indonesia untuk saling bertukar pikiran, apa yang kira-kira bisa kami sinergikan untuk mengantarkan Pak Ganjar ke kursi RI-1,” jelas Daniel Fu, selaku salah satu warga Indonesia yang dituakan. Pertemuan di Atlanta diselenggarakan di Olympic Park yang dulunya merupakan lokasi terselenggaranya Olimpiade Musim Panas pada 1996.

“Kami yakin bisa menang dengan jujur tanpa harus menjual polarisasi politik demi suara,” lanjut Lusy Van Dyke dari Honolulu secara tertulis.

Baca juga : Kolaborasi Sharp Indonesia dan Yayasan Kehati Komitmen Lestarikan Lingkungan

Adapun salah satu alasan mengapa para warga antusias mendukung Ganjar adalah karena melihat pembangunan yang maju di Jawa Tengah.

“Ketika saya keliling Jawa Tengah setahun yang lalu, saya sangat kagum dengan majunya pembangunan infrastruktur di Jawa Tengah,” ujar Monica Nathan yang menyelenggarakan konsolidasi di Adler Planetarium di Chicago.

Di Arkansas, koordinator lapangan Danny Sadli yang merupakan pendukung setia Jokowi sejak 2019 mengatakan, meskipun Arkansas adalah negara bagian yang kurang begitu populer di Indonesia, tetapi hati kami warga Indonesia disini tetap bangga dan cinta kepada tanah air Indonesia.

"Kami yakin Pak Ganjar Pranowo akan melanjutkan visi misi Presiden Jokowi menuju Indonesia maju,” ujar Danny.

Di Colorado, pertemuan diadakan di salah satu landmark bersejarah di Denver, yaitu The Pavilion di Cheesman Park.

Baca juga : Santri Dan Masyarakat Tasikmalaya Doakan Ganjar Pranowo Menang Di Pilpres 2024

Di Las Vegas, pertemuan diadakan di depan landmark plang kota Las Vegas.

Di Los Angeles, para warga berkumpul di Pathfinder Community Regional Park. Sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Di New York, pertemuan para pendukung terselenggara ditengah hujan lebat di Times Square, New York namun tetap dihadiri oleh puluhan warga. Di Oklahoma, pertemuan dilaksanakan di The Grove Clubhouse.

Di Seattle, deklarasi dilaksanakan dengan penuh semangat di jembatan Jose Rizal di tengah kota Seattle.

Sambil melakukan kolaborasi kreatif “Ganjar for the World” melalui nyanyian, para warga kompak menyuarakan keinginan mereka untuk menyumbangkan pemikiran dan tenaga untuk Indonesia.

Baca juga : Persik Makin Kental Aroma Timnas Brasil

 “Kami pasti akan terus berkontribusi dan siap sedia menyumbangkan pikiran dan tenaga kami kami apabila diperlukan untuk Indonesia tercinta,” tutup Lia Sundah Suntoso, selaku penggagas konsolidasi ini.

Adapun rangkaian pertemuan dan sosialisasi ini direncanakan akan terus berlangsung sampai akhir bulan di berbagai lokasi lainnya di AS.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.