Dark/Light Mode

Duta Besar Afrika Selatan Untuk Indonesia Mpetjane Kgaogelo Lekgoro

Jajaki Kerja Sama Dengan Pebisnis Bali

Kamis, 15 Juni 2023 06:25 WIB
Dubes Mpetjane Kgaogelo Lekgoro (kiri) bersama Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara di kantor Wali Kota, Denpasar, Selasa (13/6). (Foto Pemprov Bali)
Dubes Mpetjane Kgaogelo Lekgoro (kiri) bersama Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara di kantor Wali Kota, Denpasar, Selasa (13/6). (Foto Pemprov Bali)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Afrika Selatan untuk Indonesia Mpetjane Kgaogelo Lekgoro melakukan kunjungan perdana ke Bali, Selasa (13/6).

Dalam lawatan ini, Dubes Lekgoro membicarakan peluang kerja sama dengan pengusaha Pulau Dewata ketika bertemu Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara di kantor Wali Kota, Denpasar.

“Ini merupakan kunjungan persahabatan serta membahas peluang peningkatan hubungan kerja sama di berbagai sektor antara Kota Denpasar dengan Afrika Selatan,” terang Dubes Lekgoro.

Baca juga : Relawan Bersama Ganjar Untuk Indonesia, Perdana Deklarasi Di Aceh

Dikutip dari laman web Pemerintah Provinsi Bali, kemarin, dalam kunjungan itu, Dubes Lekgoro didampingi Counsellor Kedubes Afrika Selatan Vickesh P Maharaj dan Honorary Consulate Afrika Selatan di Denpasar, Bagus Sudibya.

Dubes Lekgoro menganggap ada banyak potensi kerja sama yang bisa dikembangkan. Salah satunya, ujar Dubes Lekgoro, mengembangkan potensi kerja sama sister city antara Kota Denpasar dengan Kota Mossel Bay, Western Cape.

“Selain sektor pariwisata dan kunjungan wisatawan Afrika Selatan ke Kota Denpasar, saya kira kita bisa melakukan perluasan kerja sama. Yakni bidang ekonomi dan juga peluang ekspor impor yang bisa kita gali potensi beragam komoditas,” ujar Dubes Lekgoro.

Baca juga : Gelar Syukuran Kemenangan Presiden Erdogan

Untuk ini, Dubes Lekgoro akan berkoordinasi dan mendorong para pengusaha di Afrika Selatan untuk segera melirik peluang bisnis yang bisa dikembangkan dengan para pengusaha di Kota Denpasar.

Menanggapi ini, Wali Kota Denpasar Jaya Negara mengatakan, pihaknya siap menindaklanjuti penjajakan peluang kerja sama ini. Menurut Jaya Negara, saat ini Denpasar tengah menggiatkan peningkatan pemberdayaan pelaku budaya, komunitas lokal, industri kreatif, pengrajin, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Jaya Negara berharap, perluasan kerja sama dengan Afrika Selatan dapat menyokong penguatan sektor-sektor tersebut. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.