Dark/Light Mode

Setelah 78 Tahun, Belanda Akhirnya Akui Indonesia Merdeka 17 Agustus 45

Kamis, 15 Juni 2023 11:56 WIB
Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. (Foto: Ist)
Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri Belanda Mark Rutte akhirnya resmi mengakui secara sadar dan tanpa syarat bahwa kemerdekaan Indonesia jatuh pada 17 Agustus 1945.

Pengakuan ini dikeluarkan berdasarkan hasil diskusi roundtable di parlemen mengenai sejarah dekolonialisasi pada 1945-1950, Rabu (14/6).

Baca juga : Relawan Bersama Ganjar Untuk Indonesia, Perdana Deklarasi Di Aceh

"Belanda mengakui secara penuh dan tanpa syarat bahwa Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945," umum PM Rutte dalam pernyataan resminya dikutip media lokal Belanda AD.nl, Rabu (14/6).

Isu kemerdekaan Indonesia merupakan topik diskusi panjang di Negeri Kincir Angin inj. Sejauh ini, Negeri The Orange ini mengakui kemerdekaan Indonesia jatuh lada 27 Desember 1949. Tanggal tersebut bertepatan dengan penyerahan kedaulatan atas hasil Konferensi Meja Bundar.

Baca juga : BP2MI Berencana Revisi Penyebutan PMI

Namun, kini, Belanda akhirnya sepakat mengakui tanggal kemerdekaan Indonesia yang resmi. Rutte pun berencana segera menghubungi Presiden Joko Widodo untuk melakukan pengakuan bersama dengan Pemerintah Belanda.

Kepada media, Rutte mengatakan bahwa dia sudah menyadari hari kemerdekaan Indonesia yang sebenarnya adalah 17 Agustus 1945, karena beberapa tindakan yang dilakukan pihak kerajaan Belanda.

Baca juga : Setelah 17 Gelar, Asensio-Real Madrid Sepakat Pisah

" Misalnya, Raja kami selalu mengirimkan ucapan selamat kepada Pemerintah Indonesia atas kemerdekaannya setiap 17 Agustus," aku Rutte.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.