Dark/Light Mode

Dubes Rachmat Budiman Berkeliling Kunjungi 3 Gubernur Thailand Selatan

Rabu, 5 Juli 2023 06:54 WIB
Dubes Rachmat Budiman (keempat kiri) saat melakukan kunjungan ke tiga provinsi di Thailand Selatan pada 26-28 Juni 2023. (Foto Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI Bangkok)
Dubes Rachmat Budiman (keempat kiri) saat melakukan kunjungan ke tiga provinsi di Thailand Selatan pada 26-28 Juni 2023. (Foto Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman melakukan courtesy call ke tiga gubernur di Thailand Selatan pekan lalu. Kunjungan pada 26-28 Juni ini untuk membahas potensi peningkatan kerja sama antara Indonesia dengan ketiga provinsi tersebut.

“Kami membahas segala aspek potensi. Mulai dari ekonomi per￾dagangan, pariwisata, pendidikan hingga seni dan budaya,” jelas Dubes Rachmat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (1/7).

Baca juga : Erick Pacu Perusahaan Pelat Merah Go Global

Ketiga Gubernur Thailand Selatan yang ditemui Dubes Rachmat adalah Gubernur Ekkarat Leesen dari Provinsi Phang Nga, Gubernur Sakra Kalpikarn dari Provinsi Ranong, dan Gubernur Visa Pulsirirat dari Provinsi Chumpon.

“Sangat menarik bisa bertukar pikiran mengenai potensi apa saja yang bisa kita jajaki. Banyak peluang kerja sama sister city antara ketiga provinsi ini dengan kota-kota di Indonesia,” lanjut Dubes Rachmat.

Baca juga : BI Siapkan Uang Tunai Rp 93 T Untuk Libur Idul Adha Dan Sekolah

Provinsi-provinsi di Thailand Selatan memiliki posisi strategis karena berbatasan langsung dengan Malaysia dan Indonesia di Laut Andaman, serta berperan penting dalam pengembangan konektivitas di kawasan utamanya terkait koridor ekonomi IMT-GT (Indonesia-Malaysia Thailand Growth Triangle).

Selain melakukan pertemuan resmi, Dubes Rachmat juga memberikan kuliah umum di depan sekitar 100 mahasiswa dan pengajar di Ranong Community College. Dalam kuliah tersebut, dia menjelaskan tentang hubungan bilateral antara Indonesia dan Thailand, serta peran kepemimpinan Indonesia dalam kepemimpinan ASEAN dan di forum-forum internasional lainnya.

Baca juga : Ke Man City, Kovacic Langsung Sanjung Guardiola Setinggi Langit

Dubes Rachmat Budiman juga mengunjungi Kampus Chumphon dan Maejo University. Di sana, dia melakukan audiensi dengan eksekutif dan pengajar universitas.

Saat audiensi tersebut, Dubes Rachmat berharap dapat meningkatkan kerja sama antara Maejo University dan universitas-universitas di Tanah Air, serta mendorong pertukaran mahasiswa antara kedua negara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.