Dark/Light Mode

BI Siapkan Uang Tunai Rp 93 T Untuk Libur Idul Adha Dan Sekolah

Kamis, 29 Juni 2023 19:28 WIB
Rupiah. (Foto: Ist)
Rupiah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) menjaga kecukupan uang rupiah bagi masyarakat selama periode libur Hari Raya Idul Adha, cuti bersama, dan liburan sekolah.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI,  Erwin Haryono mengatakan, BI menyiapkan uang tunai Rp 93 triliun untuk mencukupi kebutuhan nasional. Jumlah ini sesuai proyeksi angka kebutuhan uang pada Juni-Juli 2023 yang naik sebesar 11,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Menurut dia, BI juga melakukan koordinasi dan kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka peredaran uang tunai. Hal ini dilakukan BI bersamaan dengan dorongan kepada masyarakat untuk mengoptimalkan pembayaran non tunai

Baca juga : Bareng Ketua MK Anwar Usman, Jokowi Shalat Idul Adha Di Istana Yogya

Ada beberapa hal yang dilakukan BI dalam melakukan peredaran uang tunai, yaitu memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan perbankan di seluruh Indonesia melalui kantor perwakilan BI di daerah, sehingga perbankan memiliki pasokan uang tunai yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode libur. 

Kata Erwin, BI menginstruksikan, perbankan untuk memperhatikan kebutuhan uang tunai di daerah yang diperkirakan akan mengalami lonjakan permintaan selama libur panjang ini. “Ketersediaan tersebut termasuk pada terminal ATM/CRM (Cash Recycle Machine) di seluruh Indonesia serta memastikan terminal tetap beroperasi demi kenyamanan masyarakat,” katanya.

Lalu, BI juga kerja sama dengan TNI Angkatan Laut (AL) untuk pemenuhan kebutuhan uang tunai untuk wilayah 3T (terdepan, terpencil dan tertinggal), termasuk untuk antisipasi selama libur ini. Pada 2023, BI dan TNI AL menargetkan sebanyak 17 kali Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) untuk memenuhi kebutuhan uang tunai di 85 pulau yang termasuk dalam wilayah 3T. 

Baca juga : Jaga Kelancaran Distribusi BBM Selama Libur Idul Adha, PIS Siapkan 300 Kapal

“Sampai dengan Juni 2023 telah dilakukan kegiatan ERB sebanyak 8 kali mencakup 41 pulau dengan jumlah uang yang telah diedarkan sebesar Rp 90,1 miliar,” katanya.

BI juga mendorong masyarakat mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai di antaranya QRIS, memperluas kepersertaan BI-FAST termasuk kanal layanan dan akseptasi masyarakat, serta mendorong Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) untuk mempersiapkan infrastruktur guna menghadapi peningkatan transaksi. Sejalan dengan itu, BI menempuh langkah strategis guna memastikan kelancaran sistem pembayaran non tunai, di antaranya memastikan kesiapan sistem dan layanan kritikal BI, termasuk memantau sistem peserta dalam memberikan pelayanan transaksi pembayaran kepada masyarakat.

Terakhir, BI terus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Rupiah melalui edukasi Cinta, Bangga dan Paham (CBP) Rupiah. Pesan Cinta menekankan untuk mengenali keaslian dan cara merawat rupiah dengan baik. 

Baca juga : AP II Prediksi Jumlah Penumpang Pesawat Libur Idul Adha Tembus 3,6 Juta

Pesan Bangga menekankan apapun transaksinya (tunai atau non tunai) selalu menggunakan rupiah. Pesan Paham menekankan agar masyarakat berbelanja dengan bijak dalam menggunakan rupiah.

"Kebanggaan ini menjadi esensial bukan hanya mengingat rupiah sebagai simbol kedaulatan bangsa, tetapi juga karena kualitas rupiah yang telah diakui oleh ragam penghargaan internasional," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.