Dark/Light Mode

WNI Di Brunei Antusias Ikut Asesmen Kognitif, Konseling Dan Parenting Dari UM

Minggu, 9 Juli 2023 15:30 WIB
Universitas Negeri Malang (UM) melakukan serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat di Brunei Darussalam, sejak tanggal 4-10 Juli 2023. (Foto: KBRI Bandar Seri Begawan)
Universitas Negeri Malang (UM) melakukan serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat di Brunei Darussalam, sejak tanggal 4-10 Juli 2023. (Foto: KBRI Bandar Seri Begawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Negara Indonesia (WNI) di Brunei Darussalam antusias menyambut serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Universitas Negeri Malang (UM). Diantaranya asesmen kognitif anak usia sekolah, konseling hasil asesmen kognitif dan workshop parenting.

Kegiatan yang digelar dari tanggal 4 sampai 10 Juli 2023 ini dipimpin oleh Wakil Dekan I Fakultas Psikologi UM, Nur Eva dan Alumni Fakultas Psikologi UM Sri Andayani. 

Program tersebut terlaksana atas kerjasama antara UM dengan KBRI Bandar Seri Begawan, dan Persatuan Masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam (PERMAI).

Wakil Dekan I Fakutas Psikologi UM Nur Eva menjelaskan, kegiatan yang merupakan bagian dari Tri Dhama Perguruan Tinggi adalah kegiatan Pengabdian Kegiatan Masyarakat, dengan skema Pengabdian Kemitraan Luar Negeri (PKLN). 

Baca juga : Sandy Antusias Menanti Laga lawan Palestina

"Selain kami melakukan kegiatan  asesmen kognitif terhadap anak usia sekolah dan konseling hasil asesmen kognitif, telah dilakukan pula kegiatan Workshop Parenting, sebagai upaya mengoptimalkan potensi anak," kata Nur Eva dalam keterangannya, Minggu (9/7).

Selain itu, UM juga menyelenggarakan Workshop Parenting yang memberikan pengetahuan dan pembahasan tentang pola asuh anak yang sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini. 

Workshop Parenting ini dipandu langsung oleh Dosen Senior di Universiti Brunei Darussalam (UBD) Evi Nurvidya Arifin.

Sekitar 75 warga Indonesia antusias mengikuti workshop tersebut. Banyak pertanyaan diajukan kepada dua narasumber, yakni  Nur Eva dan Sri Andayani. 

Baca juga : Masyarakat Antusias Ikut Pagelaran Kirab Pancasila

Selain itu, lebih dari 25 anak Indonesia usia 8 tahun hingga 15 tahun mengikuti tes asesmen kognitif. Para orang tua juga melakukan konseling secara bergiliran dari hasil asesmen putra dan putrinya. 

“Hasil asesmen kognitif pada usia anak bukan harga mati, tetapi merupakan informasi awal untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak," ujar Sri Andayani  

Kuasa Usaha ad interim KBRI Bandar Seri Begawan, Irwan Iding, memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan oleh UM di Brunei. Ia berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan. 

"Sehingga semakin banyak anak-anak Indonesia usia sekolah di Brunei yang memperoleh kesempatan untuk melakukan tes asesmen kognitif,” harap Irwan Iding di acara pembukaan rangkaian kegiatan pengabdian UM.

Baca juga : Warga Desa Kepet Madiun Antusias Ikuti Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Oleh GGN Dukung Ganjar

Presiden PERMAI, Mukhidin Umar memberikan dukungan penuh pengabdian masyarakat yang dilakukan UM, karena memberi manfaat langsung kepada masyarakat.

"Tidak banyak kegiatan pengabdian universitas yang selama ini hadir di Brunei," akunya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.