Dark/Light Mode

Diplomasi Musik, Gitaris Balawan Tampil Di Seoul

Minggu, 6 Agustus 2023 07:00 WIB
Balawan (ke-2 kiri) dan kawan-kawan, didampingi Joannes E Tandjung, Ph.D (kiri), Minister Counsellor on Creative and Digital Economy, Acceleration of Start Ups and Public Diplomacy KBRI Seoul, berpose di depan patung Raja Sejong, lokasi landmark Kota Seoul. [Foto: KBRI Seoul]
Balawan (ke-2 kiri) dan kawan-kawan, didampingi Joannes E Tandjung, Ph.D (kiri), Minister Counsellor on Creative and Digital Economy, Acceleration of Start Ups and Public Diplomacy KBRI Seoul, berpose di depan patung Raja Sejong, lokasi landmark Kota Seoul. [Foto: KBRI Seoul]

RM.id  Rakyat Merdeka - Lagu Janger sengaja dibawakan, untuk mengingatkan masyarakat Korea Selatan akan kebhinekaan Indonesia melalui keindahan Pulau Bali. Hal itu disampaikan oleh I Wayan Balawan, gitaris ternama yang akrab dipanggil dengan nama Balawan.

“Semoga penampilan kami membuat masyarakat Korsel dan asing tertarik berwisata ke Indonesia!” harapnya, usai tampil di The 9th Seoul International Harmonica Festival di Gwanghwamun Square, Seoul.

Balawan saat tampil di The 9th Seoul International Harmonica Festival di Gwanghwamun Square, Seoul pada Sabtu, 5 Agustus 2023. [Foto: KBRI Seoul]

Baca juga : Dubes Jose Tavares Dukung Gelaran Pemilihan PPP Di Rusia

Di panggung yang terletak persis di depan patung Raja Sejong, lokasi landmark Kota Seoul itu, Balawan tampil bersama Muhammad Reyhan Naufal (harmonika), Indro Hardjodikoro (bass) dan Dharrian Emillio (drum). Dua lagu lainnya oleh kelompok musik Balawan yang mendapat sambutan hangat audiens adalah lagu berjudul “Andong” dan “Mood Indigo”.

Festival ini berlangsung hingga 6 Agustus 2023 pukul 19.00 KST (Korea Standard Time), dimana Balawan akan tampil duet bersama musisi Spanyol.

Balawan (kiri) tampil bersama Muhammad Reyhan Naufal (harmonika --tengah), Indro Hardjodikoro (bass --kanan) dan Dharrian Emillio (drum --belakang) di The 9th Seoul International Harmonica Festival di Gwanghwamun Square, Seoul pada Sabtu, 5 Agustus 2023. [Foto: KBRI Seoul]

Baca juga : Kiai Muda Ganjar Adakan Cek Kesehatan Gratis Di Situbondo

Seusai konser, Balawan dan rekan-rekannya pun turut menyampaikan Selamat HUT ke-50 Hubungan Diplomatik Indonesia-Korea Selatan. “Semoga kerjasama di bidang musik dan budaya khususnya antara generasi muda semakin menguat,” harap Balawan.

Bertema Persahabatan yang lebih erat dan kemitraan yang lebih kuat, hubungan diplomatik Indonesia dan Korsel mencapai setengah abad pada 2023. Makin meningkatnya kolaborasi antara pelaku ekonomi kreatif dari Tanah Air dengan mitra dari Negeri Ginseng, adalah salah satu fokus kerjasama Indonesia dan Korsel.

Baca juga : Dibekali Warna Baru, Honda Genio Tampil Lebih Stylish

Diplomasi musik yang merupakan salah satu subsektor potensial ekonomi kreatif Indonesia secara spesifik, ditangani Fungsi Ekonomi Kreatif dan Digital, Percepatan Start Up dan Diplomasi Publik Kedutaan Besar RI di Seoul. Fungsi ini dibentuk oleh Duta Besar Gandi Sulistiyanto, saat mengawali penugasan di Korsel pada awal 2022. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.