Dark/Light Mode

25 Klub Dipastikan Akan Tampil Dalam Liga Golf Jakarta 2023

Rabu, 5 Juli 2023 09:20 WIB
Konferensi pers Liga Golf Jakarta (Foto: Istimewa)
Konferensi pers Liga Golf Jakarta (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah sukses dengan gelaran Liga Golf Jakarta (LGJ) 2022 yang diikuti 25 klub, tahun ini Persatuan Golf Indonesia (PGI) Pengurus Provinsi (Pengprov) DKI Jakarta siap menggelar LGJ 2023. LGJ 2023 akan berlangsung mulai 11 Juli 2023 sampai 24 Oktober 2023.

Ini merupakan jawaban atas tuntutan sejumlah klub yang tahun lalu belum bisa berkompetisi. Tak hanya Itu, LGJ kali Ini juga menjadi tahapan pemberlakuan divisi, dengan sistem promosi dan degradasi. Total klub yang mengikuti LGJ 2023 adalah sebanyak 25 klub.

Klub-klub juga mengharapkan adanya liga, agar tercipta kompetisi berkelanjutan. Sebab, selama ini masyarakat mengenal golf lebih sering dipertandingkan dalam format Strokeplay selama satu sampai tiga hari.

Baca juga : Ganjar Tampil Elegan Dalam Persaingan Pilpres 2024

"Dalam upaya meningkatkan kualitas persaingan dan pembinaan berkesinambungan, sekaligus mengoptimalkan sports industry, maka format liga atau series dengan sistem setengah kompetisi dan matchplay menjadi jawaban," kata Ketua Umum Pengprov PGI DKI Jakarta Reza Rajasa, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (5/7).

Dia menjelaskan, tren serupa sudah lama berlangsung di negara lain yang perkembangan golf-nya lebih maju. Seperti Golf Premiere League (GPL), LIV Golf, dan sejumlah liga lainnya yang telah berjalan di berbagai negara.

LGJ 2023 ini akan memperebutkan piala bergilir setiap musimnya. "Spirit LGJ tak lain untuk memberi ruang seluas-luasnya kepada klub untuk dapat meningkatkan potensi yang dimiliki. Kami menyebutnya, dari klub untuk klub," ucapnya.

Baca juga : 89,5% Bolamania Tetap Ingin Nonton

Pada LGJ 2023, liga didukung sejumlah sponsor. Yaitu Reethau, BSI, Bank DKI, TDA Luxury Toys, Arthasia Cipta Pratama, The Good Good, Artistick, Privy.id, RM Sederhana, SanOua, dan With A Mission. "Kami dari PGI DKI mengucapkan terima kasih atas dukungan para sponsor atas terselenggarannya LGJ 2023," ujar Reza.

LGJ 2023 memiliki empat tujuan. Pertama, mempopulerkan kembali iklim pertandingan yang kompetitif untuk pegolf amatir. Kedua, meningkatkan level kompetisi, dari turnamen singkat yang terbatas, menjadi kompetisi panjang yang berkesinambungan.

Ketiga, melahirkan bibit-bibit atlet dengan kemampuan menonjol, untuk dibina PGI DKI sebagai cikal bakal atlit-atlit nasional di masa depan. Hal ini tercermin dalam aturan LIGA, yaitu seluruh klub peserta wajib menampilkan Junior Player di LGJ 2023. Keempat, memacu klub melakukan inovasi dan pembinaan, agar mampu bersaing di liga yang berlangsung dalam waktu panjang.

Baca juga : Kantongi 159 Medali Emas, Indonesia Dipastikan Juara Umum ASEAN Para Games 2023

Peserta LGJ tahun ini terdiri dari 25 klub. Yaitu: Persatuan Golf Asuransi Indonesia, Mercedez-Benz Owners Indonesia Golfer, Insan Golf Jakarta, Musang Golf Member, Fearless Golf Club, Jakarta Golf Club Jakarta Masters Club, Hantaarrr Golf Club, Siksam Golf Club, Fella Golf Club Enjoy Golf Club, Shankers Golf Club, Hipmi Golf Club Indonesia, 37 GA Pergola UI Damai Indah Golf Club, Kagama Golf Club, Hipmi Jaya Golf, Persatuan Golf Ganesha, Perkumpulan Golf Prasetya Mulya, Gober Golf Club, Solid Golf Club Indonesia, Leisure Golf Club, dan Sharia Insurance Golf Club dan Pondok Indah Golf Club.

LGJ 2023 akan digelar di lima Course, yaitu Jakarta Golf Club (JGC), Padang Golf Halim 1, Padang Golf Pangkalan Jati, Royale Jakarta Golf Club, Damai Indah-PIK Course, Sedayu Indo Golf , Bandar Golf Kemayoran, dan Pondok Indah Golf Course.

"Kami yakin melalui kompetisi LIGA kali Ini, akan meningkatkan performa klub dan melahirkan bibit-bibit baru. Sebagai event LIGA golf amatir pertama di Indonesia, kami berharap event ini akan menstimulasi pengurus-pengurus PGI di berbagai provinsi untuk terus berinovasi demi meningkatkan pembinaan Golf di tanah air," tambah Reza.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.