Dark/Light Mode

Jokowi Ajak Italia Kembangkan Ekosistem EV, Infrastruktur Hijau Dan Bangun IKN

Minggu, 10 September 2023 18:03 WIB
Presiden Jokowi dan PM Italia Giorgia Meloni membahas sejumlah kerja sama dan investasi Italia di Indonesia dalam pertemuan bilateral di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, Minggu (10/9/2023). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Presiden Jokowi dan PM Italia Giorgia Meloni membahas sejumlah kerja sama dan investasi Italia di Indonesia dalam pertemuan bilateral di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, Minggu (10/9/2023). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengundang Italia, untuk ikut membangun ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) dan infrastruktur hijau.

Hal tersebut disampaikan Jokowi, dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Italia Giorgia Meloni di Bharat Mandapam IECC, Pragati Maidan, New Delhi India, Minggu (10/9).

“Saya undang Italia untuk kembangkan ekosistem EV, infrastruktur hijau dan pembangunan Ibu Kota Nusantara,” ujar Jokowi, Minggu (10/9/2023).

Baca juga : Ganjar Creasi Ajak Warga Lamongan Budi Daya Maggot Untuk Pupuk Dan Pakan Ternak

Selain itu, Jokowi juga menyambut baik peningkatan investasi Italia dan peresmian pabrik Piaggio di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, pada tahun lalu.

Jokowi pun menyampaikan apresiasi atas komitmen Italia dalam skema Just Energy Transition Partnership (JETP).

Dia berharap, komitmen tersebut dapat segera diwujudkan dalam waktu dekat.

Baca juga : Begini Jurus Kemenperin Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik

“Saya harap, komitmen tersebut bisa segera diimplementasikan, mengingat dukungan mobilisasi pendanaan merupakan elemen penting transisi energi,” kata Presiden Ke-7 RI ini.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 20 menit, Jokowi juga meminta dukungan PM Meloni atas keanggotaan Indonesia di Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno turut mendampingi Jokowi dalam kesempatan ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.