Dark/Light Mode

World Culture Festival 2023 Di AS, Dubes Rosan: Ada Miniatur Indonesia

Selasa, 3 Oktober 2023 23:38 WIB
Dubes Indonesia untuk AS Rosan Perkasa Roeslani bersama istri menghadiri World Culture Festival 2023/Ist
Dubes Indonesia untuk AS Rosan Perkasa Roeslani bersama istri menghadiri World Culture Festival 2023/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani mengungkapkan, ada miniatur Indonesia dalam penampilan Wonderful Indonesia pada World Culture Festival 2023 di National Mall, Washington DC, AS pada 29 September - 1 Oktober 2023.

Dubes Rosan bersama istri Ayu Heni Rosan yang menyaksikan langsung festival budaya global lima tahunan itu, mengaku terpukau  melihat nuansa etnik Indonesia di atas panggung. 

“Luar biasa. Ada miniatur Indonesia. Beragam  nuansa etnik Indonesia ditampilkan. Ada  Batak, Jawa, Aceh, Sunda, Bali, Banjar, Minahasa, dan Papua. Musik pengiring tarian  merupakan hasil perpaduan lagu-lagu dari daerah-daerah tersebut. Jadi, sarat kearifan lokal Nusantara," kata Dubes Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (3/10). 

Baca juga : Siapkan Dirimu Untuk Ikuti Beauty Festival 2023 Timeless Wonder

Dubes Rosan menyebut tarian kolosal yang digubah seniman Tanah Air, seperti Rio Silaen, Sutan Martozet dan Erna Widyastuti, melibatkan sekitar 200  penari serta mendapat banyak pujian dari negara-negara sahabat.

“Karya seniman Indonesia patut mendapat pujian. Diplomasi melalui karya seni dan ini sangat membanggakan,” ucap Wakil Menteri BUMN ini mengomentari tarian yang digubah seniman Tanah Air, yaitu Rio Silaen, Sutan Martozet dan Erna Widyastuti.

Pada kesempatan itu, dia juga secara khusus  mengapresiasi tokoh kemanusiaan dan perdamaian global Sri Ravi Shankar yang  telah menginiasi penyelenggaraan event  akbar ini, dan menggubahnya menjadi ajang refleksi bersama tentang pentingnya perdamaian bagi masa depan dunia.

Baca juga : Wushu Raih Emas, Menpora: Semoga Target Indonesia Tercapai

Sri Ravi Shankar dikenal sebagai pemimpin spiritual asal India, yang juga kerap disapa  Sri Sri atau Guruji atau Gurudev.  

Dia juga dikenal sebagai pemimpin spiritual dan pendiri Art of Living Foundation, yang dibentuk pada tahun 1981. 

Dubes Rosan mengatakan, melalui parade budaya, musik dan tari, semua peserta yang hadir mewakili 180 negara dunia datang bersatu padu mendoakan dan menyuarakan satu semangat tujuan, yaitu perdamaian dunia. “One world, one love,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.