Dark/Light Mode

Hadiri Business 20 India, Mendag Zulhas Bawa Misi Besar untuk Indonesia

Sabtu, 26 Agustus 2023 06:06 WIB
Usai menghadiri G20 Trade and Investment Ministers Meeting TIMM di Jaipur, India, Jumat (25/8) Mendag RI Zulkifli Hasan langsung terbang menuju New Delhi untuk menghadiri forum bisnis B20 yang menghadirkan 2.500 CEO dari berbagai negara. (Foto: Ist)
Usai menghadiri G20 Trade and Investment Ministers Meeting TIMM di Jaipur, India, Jumat (25/8) Mendag RI Zulkifli Hasan langsung terbang menuju New Delhi untuk menghadiri forum bisnis B20 yang menghadirkan 2.500 CEO dari berbagai negara. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Usai menghadiri G20 Trade and Investment Ministers Meeting (TIMM) di Jaipur, India, Jumat (25/8) Mendag RI Zulkifli Hasan langsung terbang menuju New Delhi untuk menghadiri forum bisnis B20 yang menghadirkan 2.500 CEO dari berbagai negara.

Dalam acara bertajuk “Responsible, Accelerated, Innovative, Sustainable and Equitable Businesses” itu, Zulhas diagendakan memberikan pidato intervensi bersama para menteri perdangan dari India, Uni Emirates Arab, Korea Selatan, Amerika Serikat, Nigeria dan lainnya.

Baca juga : Jokowi: Piala Dunia FIBA 2023 Pacu Peningkatan Timnas Basket Indonesia

“Saya datang ke B20 membawa misi besar. Membuka peluang kerjasama perusahaan-perusahaan Indonesia dengan negara-negara anggota G20. Saya mendorong UMKM Indonesia mendunia. Syaratnya harus bisa menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang ada," ujar Ketua Umum PAN itu kepada awak media, Sabtu (26/8).

Dalam forum B20 tersebut, Zulhas menjelaskan bahwa dinamika ekonomi global saat ini telah menunjukkan kerentanan dalam rantai pasok global sekaligus menekankan tentang pentingnya kelancaran arus perdagangan barang dan jasa. Disrupsi rantai pasok global dan kenaikan inflasi telah membawa dampak negatif bagi pertumbuhan ekonomi global.

Baca juga : Diikuti 700 Peserta, IAI Gelar Seminar Karya Masterpiece Arsitek Indonesia

Hal yang perlu dilakukan seluruh pelaku bisnis adalah meningkatkan kapasitasnya di tengah sejumlah ketidakpastian global.

“Sangat penting untuk memperkuat kapasitas seluruh negara dalam menghadapi guncangan ekonomi, terutama bagi negara-negara berkembang yang rentan dan memiliki akses terbatas terhadap sumber daya," tegasnya.

Baca juga : Hadiri G20 TIMM Di India, Zulhas Bawa Misi Kerja Sama Dagang

Mendag mengajak seluruh peserta, terutama negara-negara yang terbangun dalam G20, untuk meningkatkan kolaborasi. Ia mengapresiasi forum-forum seperti B20 sebagai upaya konkret ke arah sana.

“Saya meyakini bahwa melalui diskusi terbuka dan tindakan kolektif, forum B20 akan membawa solusi inovatif yang akan berdampak positif bagi perdagangan global," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.