Dark/Light Mode

Ini 2 Program Unggulan KTT AIS Forum 2023 Yang Diluncurkan DI Bali

Senin, 9 Oktober 2023 13:39 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya bersama delegasi sejumlah negara dan lembaga Internasional saat meluncurkan 2 program KTT AIS Forum 2023 di Bali, Senin (9/10). (Foto: Media Center KTT AIS Forum 2023)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya bersama delegasi sejumlah negara dan lembaga Internasional saat meluncurkan 2 program KTT AIS Forum 2023 di Bali, Senin (9/10). (Foto: Media Center KTT AIS Forum 2023)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pertama, Archipelagic and Island States (AIS) Forum memperkenalkan program unggulan mereka: AIS Blue Hub dan AIS Research and Development Center di Hotel Mulia, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (9/10).

Kepala Sekretariat AIS Forum, Riny Modaso, menjelaskan bahwa dua program ini adalah langkah konkret dalam misi AIS Forum untuk menawarkan solusi inovatif di sektor ekonomi biru dan akademik.

Baca juga : Kapolri Pastikan TNI-Polri Optimal Amankan KTT AIS Forum 2023 Di Bali

AIS Forum menjadi penggerak utama dalam menciptakan dan mendukung solusi inovatif yang dapat diaplikasikan dalam berbagai program, dengan tujuan mencapai pembangunan berkelanjutan bagi negara-negara pulau dan kepulauan di masa depan.

AIS Blue Hub dan AIS Research and Development Center diluncurkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, serta Kepala Perwakilan UNDP Indonesia, Norimasa Shimomura. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari berbagai negara anggota AIS, perusahaan, akademisi, dan peserta dari berbagai latar belakang.

Baca juga : Jelang Pembukaan, KTT AIS Forum Kedepankan Kerja Sama Yang Saling Menguntungkan

"Kami harap program-program ini dapat mewadahi dan memfasilitasi para inovator, akademisi, dan wirausahawan biru. Bersama-sama kita membangun dan mengembangkan sektor biru," ujar Riny

AIS Blue Hub, yang sebelumnya dikenal sebagai AIS Startup Blue Hub, bertujuan untuk memfasilitasi para pelaku ekonomi biru dalam pengembangan usaha mereka. Sementara itu, AIS Research and Development Center berperan sebagai pusat pelaksanaan program riset dan pengembangan yang telah digarap oleh AIS Forum.

Baca juga : Ini 430 Mobil Listrik Untuk KTT AIS Forum Di Bali, BMW i7 Hingga Wuling Air EV

Peluncuran dua program unggulan AIS Forum ini merupakan awal dari rangkaian acara KTT AIS Forum 2023 yang mencakup Blue Economy High-Level Dialogue, AIS Startup Blue Business Summit, dan AIS Research and Development Conference.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.