Dark/Light Mode

Ini 430 Mobil Listrik Untuk KTT AIS Forum Di Bali, BMW i7 Hingga Wuling Air EV

Minggu, 8 Oktober 2023 14:42 WIB
Ilustrasi mobil listrik yang akan digunakan oleh para delegasi di KTT AIS Bali 2023. (Foto: InfoPublik)
Ilustrasi mobil listrik yang akan digunakan oleh para delegasi di KTT AIS Bali 2023. (Foto: InfoPublik)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah telah menyiapkan 430 kendaraan listrik untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Bali pada 10-11 Oktober 2023.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bagian Kendaraan, Biro Umum Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg), Masduki, Sabtu (7/10) di Jakarta.

Baca juga : Ini 7 Kepala Negara Yang Dikonfirmasi Hadiri KTT AIS Forum 2023 Di Bali

Kendaraan ramah lingkungan ini terdiri dari empat merek, yakni 28 unit BMW tipe i7, 236 unit Hyundai (tipe Ioniq 6 sebanyak 38 unit dan Ioniq 5 sebanyak 198 unit), Toyota tipe bZ4X sebanyak 66 unit, dan Wuling Air Ev sebanyak 100 unit.

BMW i7 akan digunakan sebagai kendaraan Very Very Important Person (VVIP) untuk tamu Kepala Negara. Hyundai Ioniq 6 akan menjadi kendaraan Very Important Person (VIP) bagi menteri dan tingkat di bawahnya. Sementara itu, para delegasi yang mendampingi kepala negara atau menteri akan menggunakan kendaraan Toyota bZ4X. 

Baca juga : 3 Tahun Lagi Meluncur

"Rangkaian ini tidak terlepaskan dan hanya dapat digunakan dari Bandara-Hotel-Venue,” kata Masduki.

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan tiga unit mobil Wuling Air EV untuk operasional masing-masing negara. Penggunaan mobil-mobil ini akan ditangani oleh naradamping atau Liaison Officer (LO) setelah serah terima oleh Kemensetneg ke Kementerian Luar Negeri.

Baca juga : Mobil listrik: Masa Depan Transportasi Ramah Lingkungan

Panitia penyelenggara KTT AIS Forum juga telah menyediakan shuttle bus gratis bagi para jurnalis dari beberapa titik keberangkatan menuju Media Center di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) di Nusa Dua.

Tujuannya adalah memudahkan pergerakan jurnalis yang meliput acara tersebut. Terdapat dua titik keberangkatan dengan tiga rute yang bisa dimanfaatkan oleh jurnalis untuk menuju Media Center atau kembali ke titik awal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.