Dark/Light Mode

Dubes Kamapradipta Isonomo Tegaskan Dukung Palestina Ke Menlu Swedia

Senin, 13 November 2023 06:37 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Swedia Kamapradipta Isnomo (ketiga kanan depan) bersama para dubes negara anggota OKI usai bertemu Menlu Swedia Tobias Billstorm di Kementerian Luar Negeri Swedia, Kamis (9/11/2023). (Foto KBRI Stockholm)
Duta Besar Indonesia untuk Swedia Kamapradipta Isnomo (ketiga kanan depan) bersama para dubes negara anggota OKI usai bertemu Menlu Swedia Tobias Billstorm di Kementerian Luar Negeri Swedia, Kamis (9/11/2023). (Foto KBRI Stockholm)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Swedia, Kamapradipta Isnomo menegaskan dukungan penuh Indonesia kepada Palestina, saat bertemu Menteri Luar (Menlu) Negeri Swedia, Tobias Billstrom di Kementerian Luar Negeri Swedia, Kamis (9/11/2023). Indonesia juga kembali mengecam kekerasan Israel terhadap penduduk dan fasilitas sipil di Jalur Gaza dan Tepi Barat.

“Indonesia mengecam jatuhnya korban lebih dari 40 wartawan yang meliput di Jalur Gaza dan meminta Swedia melanjutkan pemberian bantuan pembangunan internasional kepada Palestina,” terang Dubes Kama, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulis KBRI Stock￾holm, Sabtu (11/11/2023).

“Penangguhan atau penghentian bantuan kerja sama pembangunan jangka panjang untuk Palestina dapat menjadi preseden buruk dan menjadi bagian hukuman kolektif terhadap Palestina,” sambungnya.

Baca juga : Ganjar Bersama Anak-anak Beri Dukungan Untuk Palestina

Kama, bersama para kepala perwakilan negara Organisasi Kerja sama Islam (OKI) di Stockholm, bertemu Billstrom untuk menyampaikan dukungan penuh kepada Palestina dan mengecam Israel. Mereka meminta Swedia mendesak Israel melakukan gencatan senjata dan menghentikan serangan militer dan membuka akses bantuan kemanusiaan dari masyarakat internasional.

Para Dubes itu juga meminta Swedia konsisten mendukung solusi dua negara, di mana Palestina dan Israel dapat hidup berdampingan secara damai berdasarkan pembagian wilayah pada 1967.

Menlu Billstrom menyampaikan apresiasi atas pertemuan dan dialog dengan para dubes dan kepala perwakilan OKI di Stockholm. “Kami mengadakan pertemuan yang bermanfaat dan konstruktif. 

Baca juga : Rapat TPN Ganjar-Mahfud, Outfit Mardiono Tunjukkan Dukungan Untuk Palestina

"Para duta besar negara-negara anggota OKI berperan penting dalam menjelaskan kebijakan kami ke ibu kota mereka, dan saya ingin melanjutkan dialog kami yang terbuka dan konstruktif,” ujar Billstrom, dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri Swedia.

Dia juga menyampaikan komitmen Swedia memberikan bantuan kemanusiaan untuk Gaza senilai 2 juta dolar AS (sekitar Rp 31,1 miliar) dan akan mengupayakan gencatan senjata serta pembukaan akses kemanusiaan bersama anggota Uni Eropa.

Swedia adalah anggota Uni Eropa pertama yang membuka hubungan diplomatik dengan Palestina pada 30 Oktober 2014. Melalui Swedish Internasional Development Agency (SIDA), Swedia menjadi salah satu kon￾tributor bantuan pembangunan terbesar di Uni Eropa, melalui program tematis, seperti demokrasi, kesetaraan gender, Hak Asasi Manusia (HAM), lingkungan hidup dan pemba￾ngunan ekonomi inklusif.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.