Dark/Light Mode

Dubes Jepang Kenji Kanasugi Gelar Acara Perpisahan Dengan Sahabat

Jumat, 1 Desember 2023 05:14 WIB
Dubes Jaroslav Dolecek kiri bersulang untuk Dubes Kenji Kanasugi dalam acara perpisahan, Rabu (29/11/2023), di Jakarta. (Foto PATRARIZKI SYAHPUTRA/Rakyat Merdeka/RM.id)
Dubes Jaroslav Dolecek kiri bersulang untuk Dubes Kenji Kanasugi dalam acara perpisahan, Rabu (29/11/2023), di Jakarta. (Foto PATRARIZKI SYAHPUTRA/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suasana Bali Room di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (29/11/2023) malam, terlihat ramai. Satu per satu tamu berdatangan dan menyapa sang tuan rumah, Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi. Ada yang turun dari mobil dan ada juga yang datang dari sisi lain Hotel Indonesia Kempinski, yang tersambung ke Mall Grand Indonesia.

Banyak wajah familiar berdatangan, mulai dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, mantan Ketua DPR Akbar Tandjung, mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan hingga para dubes negara sahabat.

Atmosfer acara malam itu campur aduk, mulai perasaan gembira hingga sedih. Pasalnya, ini acara perpisahan Dubes Kanasugi yang akan menyudahi tugasnya di Indonesia dan akan memulai tugas barunya di China.

Dubes Kanasugi memang hampir tiga tahun bertugas di Indonesia. Dia terkenal di Instagram, suka membagikan konten kulineran makanan Indonesia.

Baca juga : Alam Ganjar Kunjungi Brand Lokal Dan Gelar Diskusi Bareng Pengusaha Muda Bandung

Dalam acara perpisahan itu, Dubes Kenji berterima kasih pada teman, rekan dan kolega yang telah membantunya selama ini.

“Saya akan balik ke Tokyo, selanjutnya bertugas sebagai Duta Besar di Beijing, China,” kata Dubes yang menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Jokowi, pada 4 Februari 2021 ini.

“Terima kasih atas bantuan dan dukungan teman-teman semua. Ini momen yang tidak akan pernah saya lupakan. Indonesia akan selalu ada di hati saya,” ujar Kanasugi, tersenyum simpul.

Tepukan ringan di pundak Dubes pecinta mie ini berdatangan dari banyak orang. Pejabat Pemerintah, politisi, pebisnis hingga rekan jurnalis. Mereka semua mendoakan kesuksesan Dubes Kanasugi di Negeri Tirai Bambu.

Baca juga : Mentan Ajak Senator Kawal Produksi Pertanian Hingga Swasembada

“Kita akan melepas salah satu sahabat dan teman baik. Mari doakan agar sahabat kita ini sukses di penugasan yang selanjutnya,” ujar Duta Besar Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Dolecek, yang merasa terhormat dapat mewakili rekan-rekan diplomat menyampaikan pesan kepada Dubes Kanasugi.

Dubes Dolecek mengatakan, Dubes Kanasugi berperan besar dalam banyak perubahan luar biasa di Indonesia, terutama di ibu kota. “Sehat selalu dan jangan lupakan kami,” pesan Dubes Dolecek, yang sama-sama menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo pada Februari 2021.

Dubes Kanasugi juga sempat digoda Menteri Basuki. Diplomat yang gemar memakai batik ini tidak kuasa tergelak kecil sembari menggandeng tangan menteri gaek tersebut.

“Bapak dubes ini baik orangnya. Supel. Kerjanya sat set,” puji Menteri Basuki, diiringi tawa renyah tuan rumah.

Baca juga : UID dan Yayasan Bunga Bali Gelar Lelang Lukisan untuk Pahlawan Seni dan Olahraga

“Kami senang bisa melihat banyak perkembangan luar biasa antara Jepang dengan Indonesia. Banyak hal kita lihat. Mulai dari MRT yang makin populer, pembangunan pembangkit listrik sampai acara Jak Japan Matsuri. Semua ramai,” ujar Dubes Kanasugi bahagia. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.