Dark/Light Mode

Mentan Ajak Senator Kawal Produksi Pertanian Hingga Swasembada

Rabu, 29 November 2023 21:26 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman didampingi Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi saat rapat kerja bersama Komite II DPD RI, di Gedung DPD, Jakarta, Rabu (29/11/2023). Foto: Istimewa
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman didampingi Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi saat rapat kerja bersama Komite II DPD RI, di Gedung DPD, Jakarta, Rabu (29/11/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengajak DPD RI guna memperkuat produksi dalam negeri hingga meraih kembali swasembada melalui pengoptimalan lahan rawa dan lahan suboptimal di seluruh Indonesia.

Langkah ini, menurut Amran penting dilakukan terutama dalam memperkuat ketersediaan pangan serta menekan kebijkan impor, bahkan Indonesia mampu mencapai swasembada pada tahun-tahun yang akan datang.

"Seharusnya kita sudah ekspor karena di masa pemerintahan Pak Jokowi kita tiga kali swasembada. Nah hari ini kami berkomitmen akan melanjutkan capaian tersebut karena kami sudah memiliki program jangka panjang. Kami bahkan sudah punya peta jalan pertanian untuk masa depan," ujar Mentan Amran dalam rapat kerja bersama DPD RI di Gedung Parlemen, Rabu (29/11/2023).

Baca juga : Standar Ganda Politisi Sikapi Hasil Survei

Sebagai langkah nyata, Mentan mengaku sudah menyiapkan teknologi mekanisasi dan bantuan sarana prasarana produksi lainya yang dapat menunjang generasi muda menjadi pelaku utama pembangunan pertanian masa depan yang jauh lebih cemerlang dan gemilang.

"Jadi 60 persen generasi milenial ini harus terlibat secara langsung. Syaratnya adalah beri mereka ruang untuk untung dengan menggunakan teknologi digital. Kemudian yang ketiga permudah akses ke sektor pertanian. Insya Allah generasi milenial lebih maju karena sektor pertanian sangat menjanjikan dan menguntungkan," katanya.

Secara khusus, Mentan meminta dukungan DPD RI untuk menjadikan sektor pertanian sebagai kekuatan utama bangsa indonesia. Baginya, DPD adalah mitra strategis karena memiliki konstituen dan aspirasi nyata dari para petani di seluruh daerah.

Baca juga : Mendikbudristek: Lakukan Tranformasi Digital Di Perguruan Tinggi NU

"Kami mengucapkan terimakasih ke Komite II DPD dan ini luar biasa supportnya kepada kita semua di sektor pertanian. Sekarang kita sedang mengantisipasi terjadinya El Nino yang cukup panjang dengan melakukan tanam cepat upaya khusus. Insya Allah semua berjalan baik," katanya.

Anggota DPD RI sekaligus pimpinan rapat, Bustami Zainudin menilai apa yang dikerjakan Kementan sudah dalam posisi on the track.

Hanya saja, dia meminta agar pemerintah memperbanyak pelibatan anggota DPD dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan proses jalanya pembangunan pertanian.

Baca juga : Lestari Ajak Wujudkan Lingkungan Keluarga Ramah Anak

Bustami menambahkan bahwa produksi pangan mutlak dilakukan agar ketersediaan pangan nasional dalam kondisi aman. Dia berharap, Indonesia menjadi negara paling kuat terhadap ancaman krisis global.

"Yang penting masyarakat tahu bahwa kita berjuang juga untuk membangun sektor pertanian. Jangan sampai nantinya mereka pikir kita diam di sini. Jadi mungkin itu sedikit catatan dari kami," jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.