Dark/Light Mode

Dubes Uni Eropa Sujiro Seam Berkomitmen Kerek Kemitraan Dengan ASEAN

Sabtu, 27 Januari 2024 06:27 WIB
Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN, Sujiro Seam (kiri) bersama Sekretaris Jenderal ASEAN, Dr Kao Kim Hourn, di Sekretariat ASEAN, Jakarta, 1 September 2023. (Foto: Sekretariat ASEAN Jakarta)
Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN, Sujiro Seam (kiri) bersama Sekretaris Jenderal ASEAN, Dr Kao Kim Hourn, di Sekretariat ASEAN, Jakarta, 1 September 2023. (Foto: Sekretariat ASEAN Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Uni Eropa untuk ASEAN, Sujiro Seam menyampaikan komitmen untuk meningkatkan kemitraan Uni Eropa dan ASEAN, di hadapan ratusan jurnalis Tanah Air, di Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Momen itu sekalian digunakan Dubes Seam menyampaikan dukungan Uni Eropa untuk membantu Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya dalam menghadapi tantangan global seperti perubahan iklim dan krisis kemanusiaan di Myanmar.

Menurut Dubes berkewarganegaraan Prancis itu, Uni Eropa dan ASEAN telah bermitra selama lebih dari 45 tahun. Sejak Desember 2020, Uni Eropa dan ASEAN telah menjalin kemi traan strategis yang berujung pada KTT Peringatan pada Desember 2022.

Baca juga : Ini Cara Prabowo Gibran Tingkatkan Kesejahteraan Petani

“Kami (Uni Eropa) adalah mitra pembangunan yang sangat signifikan bagi negaranegara anggota ASEAN,” kata Seam.

“Walaupun terjadi pasang surut dalam hubungan kemitraannya, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk meningkatkan hubungan kedua kawasan,” imbuh Dubes yang lahir di Phnom-Penh, Kamboja.

Dubes berkewarganegaraan Prancis itu juga menjelaskan tentang agenda dan kerja sama antara Uni Eropa dan ASEAN.

Baca juga : Dubes Singapura Kwok Fook Seng Dukung Kerja Sama Dengan Universitas Muslim Indonesia

Khususnya, mengenai pertemuan menteri luar negeri kedua organisasi yang akan di gelar pada 2 Februari nanti di Brussels, Belgia.

Sujiro mengatakan, pertemuan itu akan menjadi kesempatan bagi para Menlu untuk berdiskusi tentang berbagai hal. Termasuk menjelaskan bahwa pertemuan itu akan mendiskusikan kemajuan yang telah dicapai dalam implementasi Pertanyaan Pimpinan Bersama dan rencana aksi untuk 2023-2027.

“Ini bukan hanya pertemuan besar bagi UE dan ASEAN, tetapi juga bagi tim Eropa, Uni Eropa dan seluruh negara anggotanya, dan juga tim ASEAN,” pungkas Dubes yang menyerahkan surat kepercayaan kepada sekretaris Jenderal ASEAN Dr Kao Kim Hourn pada 1 September 2023.

Baca juga : Wali Kota Ali Ibrahim Gigih Perjuangkan Kota Tidore Kepulauan Menjadi KSPN

Sebelum pengangkatannya, Seam adalah Dubes Uni Eropa untuk Pasifik, yang berbasis di Suva, Fiji. Seam juga pernah menjabat sebagai Dubes Prancis untuk Fiji dan Konsul Jenderal Prancis di Houston, Texas, Amerika Serikat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.