Dark/Light Mode

Sewa 4 Museum Untuk Simpan Koleksi Lego

Selasa, 30 Januari 2024 06:20 WIB
Milos Krecek bersama ribuan koleksi Legonya.
Milos Krecek bersama ribuan koleksi Legonya.

RM.id  Rakyat Merdeka - Milos Krecek telah menjadi penggemar Lego sejak usia lima tahun. Saat ini, dia memi­liki koleksi terbesar di dunia, dengan 6.005 set, saat terakhir kali diverifikasi pada 21 Juni 2023. Sampai-sampai ia harus menyewa 4 museum untuk menyimpan koleksinya itu.

Krecek mengatakan, selama puluhan tahun dia mengumpulkan ribuan Lego, termasuk Lego dengan seri langka dan berharga mahal. Hal ini mem­buat etalasenya penuh dan rumahnya tidak cukup untuk menyimpan semua koleksinya. Akhirnya, dia menyimpan semua koleksinya di Museum Batu Bata di Praha, Ceko.

Baca juga : 26 Februari 2024, Pengumuman Hasil Seleksi Petugas Haji

“Jumlah set yang terkumpul dan kurangnya ruang di rumah, membuat saya mendapat ide untuk pembukaan museum Lego pertama di Praha,” kata Krecek, dilansir Guinness World Records.

Seiring berjalannya waktu dan pertambahan koleksinya, museum Legonya pun bertam­bah. Sekarang dia memiliki tiga cabang museum Lego lagi, yakni di Kota Kutna Hora, Podebrady dan Spindleruv Mlyn.

Baca juga : Soal Bantuan Hukum Untuk Firli, Pimpinan KPK Bakal Berembuk

Krecek mengatakan, rata-ratasatu set Lego akan memakanwaktu sekitar dua jam un­tuk disusun. Dia punya koleksi Lego lebih dari 10.000 model. Sehingga dia memperkirakan, butuh waktu 20.000 jam un­tuk menyelesaikan rangkaian koleksinya.

Sang kolektor mengatakan, dia bersama istri saling memberikan potongan Lego langka sebagai hadiah pernikahan. Namun dari koleksi itu, 90 persen dia yang beli. LDU

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.