Dark/Light Mode

The London Coffee Festival 2024, Kopi Indonesia Kembali Dipromosikan di Inggris

Jumat, 12 April 2024 10:40 WIB
Dubes Desra Percaya (ketiga kanan) saat meresmikan London Coffee Festival 2024 di  di Truman Brewery di London. (Foto: Dok. KBRI London)
Dubes Desra Percaya (ketiga kanan) saat meresmikan London Coffee Festival 2024 di di Truman Brewery di London. (Foto: Dok. KBRI London)

RM.id  Rakyat Merdeka - Paviliun Indonesia ‘Discover Indonesia Pavilion’ hadir pada pameran kopi terbesar di Inggris dan Eropa “The London Coffee Festival 2024 di Truman Brewery, London, 11-14 April 2024.

Pada event ini, Pavilion Indonesia akan menghadirkan Kopitheory, Homade kopi dan UKM binaan Bank Indonesia sebagai exhibitor yang akan menampilkan ragam kopi nusantara dari Gayo dan Mandailing.

“Kehadiran Pavilion Indonesia pada London Coffee Festival 2024 merupakan perwujudan komitmen untuk selalu mendukung petani dan eksportir kopi Indonesia, sekaligus mempromosikan keunggulan kopi Indonesia di pasar internasional” ujar Dubes RI untuk Inggris dan Irlandia Desra Percaya pada acara pembukaan Pavilion Indonesia, Kamis(11/4/2024).

Dubes Desra menambahkan, kegiatan ini juga harus memanfaatkan penguatan kerja sama Indonesia dan Inggris, khususnya dalam momen 75 tahun perayaan bilateral kedua negara di tahun ini.

Acara ini diikuti lebih dari 300 exhibitor yang terkait dengan kopi, seperti produsen kopi, roaster, café, trader, produsen peralatan, serta produk makanan dan minuman berbasis kopi.

Baca juga : Pegadaian Gelar Festival Ramadan 2024 di Medan dan Surabaya

 

Pavilion Indonesia hadir di London Coffee Festival 2024. (Foto: Dok.KBRI London)

 

Tidak kurang dari 30.000 pengunjung dari kalangan pebisnis dan konsumen dari Inggris Raya, Eropa, Asia, dan Timur Tengah, akan datang memenuhi event LCF 2024.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kemendag, Didi Sumedi mengatakan, promosi kopi di pameran Internasional yang bergengsi selalu menjadi prioritas di Kementerian Perdagangan.

"Khusus Inggris, pameran ini penting karena Inggris merupakan pasar yang besar sebagai tujuan ekspor kopi Indonesia”, ujar Didi.

Baca juga : Indonesia Kembangkan Ternak Sapi Di 3 Daerah

Menurutnya, total perdagangan Indonesia dan Inggris selama 3 tahun terakhir yang meningkat sebesar 7,29 persen, mencerminkan penguatan hubungan dagang kedua negara. Pavilion Indonesia membidik pengunjung yang berasal dari Inggris Raya, berbagai negara Eropa (Jerman, Belanda, Latvia, Italia, Perancis, Spanyol) dan negara-negara lain seperti Afrika Selatan, Meksiko, India, Mauritius, Malaysia.

 

Pengunjung meramaikan London Coffee Festival 2024 di Truman Brewery London. (Foto: Dok. KBRI London)

 

Selain mempromosikan kopi Gayo Arabika dan Mandailing, Pavilion Indonesia juga memamerkan strain kopi dan cupping kopi made in Indonesia serta kesempatan business matching.

“Kami menghadirkan produk UMKM kopi dari Sibolga dan Jember untuk LCF 2024 ini, untuk menyajikan taste of Indonesia kepada importir dan penikmat kopi di Inggris”, ungkap Kepala kantor perwakilan Bank Indonesia London Farida Peranginangin.

Baca juga : Gelar Cathay Pacific Travel Fair 2024, CIMB Niaga Tebar Promo dan Tiket Murah

Sementara itu, Atase Perdagangan KBRI London Ayu Siti Maryam mengatakan, Indonesia menjadi salah satu dari 10 negara eksportir kopi terbesar ke Inggris dengan nilai ekspor sebesar USD 26 juta pada tahun 2023.

“Peluang penetrasi pasar kopi Indonesia tentu masih terbuka lebar, dilihat dari tren peningkatan konsumsi kopi sebesar 7,43 persen di Inggris,” ujar Ayu.

Kehadiran pavilion Indonesia ‘Discover Indonesia Pavilion’ LCF 2024 merupakan sinergi dan kolaborasi antara KBRI London, Kementerian Perdagangan RI, Kantor Perwakilan Bank Indonesia London dan PT Pertamina (Persero).

Adapun target potensi transaksi di pavilion Indonesia pada pameran kali ini mencapai diperkirakan mencapai USD 300.000 atau Rp 4.6 miliar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.