Dark/Light Mode

Presiden Dan Menlu Iran Tewas Dalam Kecelakaan Helikopter

Senin, 20 Mei 2024 11:23 WIB
Dalam foto yang disediakan oleh Kantor Berita Moj ini, tim penyelamat terlihat di dekat lokasi insiden helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi di Varzaghan di barat laut Iran, Minggu, 19 Mei 2024. (Foto Azin Haghighi, Kantor Berita Moj via AP)
Dalam foto yang disediakan oleh Kantor Berita Moj ini, tim penyelamat terlihat di dekat lokasi insiden helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi di Varzaghan di barat laut Iran, Minggu, 19 Mei 2024. (Foto Azin Haghighi, Kantor Berita Moj via AP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Iran Ebrahim Raisi (63), Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian (60), dan beberapa orang lainnya telah ditemukan tewas, di lokasi jatuhnya helikopter, Senin (20/5/2024) setelah pencarian selama berjam-jam di daerah pegunungan berkabut di barat laut negara yang dijuluki Negara Mullah.

Kabar duka itu disampaikan media Pemerintah Iran, IRNA, dilansir Associated Press (AP). Namun, t

TV Pemerintah tidak menyebut penyebab dari kecelakaan di provinsi Azerbaijan Timur, Iran tersebut.

Baca juga : Airlangga Minta Pelabuhan Tanjung Priok Kerja 24 Jam Bereskan 17 Ribu Kontainer

"Setelah helikopter ditemukan, tidak ada ada tanda-tanda penumpang helikopter tersebut masih hidup," lapor TV pemerintah Iran, seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (20/5/2024).

Selain Presiden Iran dan Menlunya, media Iran, Tasnim menyebut, yang menjadi korban dalam kecelakaan itu Gubernur provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, imam shalat Jumat Tabriz Imam Mohammad Ali Alehashem. Selain itu, seorang pilot, kopilot, kepala kru, kepala keamanan dan pengawal lainnya.

Helikopter yang membawa Presiden Iran dan pejabat lain di negara itu dikabarkan jatuh di pegunungan barat laut Iran, Minggu (19/5/2024). 

Baca juga : Wapres Canangan Gerakan Literasi Desa dalam Peringatan HUT ke-44 Perpusnas

Kantor berita negara Iran Press TV memberitakan, Presiden Raisi dan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev meresmikan proyek bendungan di perbatasan,  Minggu, sebelum kecelakaan terjadi.

Disebutkan, helikopter tersebut merupakan bagian dari konvoi tiga helikopter. Menurut Tasnim, dua dari helikopter lain yang membawa menteri dan pejabat telah tiba di tujuan dengan selamat.

Kecelakaan itu terjadi pada saat kondisi Timur Tengah tidak kondusif, dengan perang yang berkecamuk di Gaza. Pemerintah Indonesia, lewat Kementerian Luar Negeri RI telah mengeluarkan pernyataan lewat X, Senin (20/5/2024). Pemerintah Indonesia prihatin atas musibah yang menimpa Presiden Iran dan delegasi yang menyertainya. 

Baca juga : Ditjen Perkebunan Kementan Tetapkan Harga Pembelian Tebu

"Pemerintah Indonesia mengikuti dengan penuh keprihatinan musibah yang menimpa helikopter yang membawa Presiden Iran, Y.M Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Iran, Y.M Hossein Amir-Abdollahian, dan para delegasi yang menyertainya. Teriring doa kami bagi mereka dan seluruh rakyat Iran," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.