Dark/Light Mode

Resmi Jadi PM Malaysia, Pelantikan Muhyiddin Yassin Cuma 12 Menit

Minggu, 1 Maret 2020 13:02 WIB
Pelantikan Muhyiddin Yassin (kiri) oleh Raja Malaysia (Foto: AFP)
Pelantikan Muhyiddin Yassin (kiri) oleh Raja Malaysia (Foto: AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Partai Pribumi Malaysia Bersatu (Partai Bersatu), Muhyiddin Yassin, resmi dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia, di Istana Negara, Minggu (1/3). Dia menjadi perdana menteri kedelapan di negeri jiran itu.    

Pengangkatan sumpah dilakukan Raja Malaysia atau Yang Dipertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah. Pelantikan dan pengangkatan sumpah jabatan serta sumpah simpan rahasia sebagai perdana menteri tersebut berlangsung, di Balai Singgahsana Kecil, Istana Negara.       

Baca juga : PM Malaysia Pengganti Mahathir: Ayah Bugis, Ibu Jawa

Seperti dikutip antaranews, prosesi pengangkatan sumpah Muhyiddin Yasin sebagai Perdana Menteri berlangsung singkat, sekitar 12 menit. Dimulai pukul 10:31 dan berakhir pukul 10:43. Pelantikan disiarkan secara langsung media resmi pemerintah.        

Muhyiddin, yang mengenakan busana melayu hitam-hitam dengan peci warna hitam, menyampaikan sumpah di depan raja yang mengenakan busana coklat muda yang duduk di singgasana bersama istrinya. Setelah membacakan sumpah, Muhyiddin Yassin kemudian menandatangani sejumlah berkas. 

Baca juga : Terpilih Jadi PM Malaysia ke-8, Muhyiddin Sujud Syukur di Rumahnya

Mufti Wilayah Persekutuan Haji Zulkifli Mohamad Al-Bakri memimpin pembacaan doa pada 10:38 hingga pukul 10.41. Tepat pukul 10.43 raja dan permaisursi meninggalkan tempat acara diikuti perdana menteri.  

Pelantikan ini dihadiri tokoh-tokoh politik dari kelompok Muhyiddin. Antara lain Presiden UMNO Ahmad Zahid Hamidi beserta sejumlah ketua partai Koalisi Barisan Nasional dari MIC dan MCA, Ketua PAS Abdul Hadi Awang dan eks Wakil Ketua PKR, Azmin Ali. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.