Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tanggulangi Covid-19

KBRI Paris Gelar Lomba Video untuk Mahasiswa Indonesia dan Pidato untuk Pemuda Prancis

Kamis, 30 April 2020 22:29 WIB
Arrmanatha C. Nasir (Foto: Istimewa)
Arrmanatha C. Nasir (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wabah Covid-19 di Prancis yang sejak pertengahan Maret lalu menciptakan suasana yang unik bagi seluruh masyarakat di negeri Menara Eiflel tersebut. Dalam periode confinement, yaitu masa restriksi mobilitas, semua orang di Prancis tidak diperkenankan keluar rumah kecuali untuk keperluan yang mendesak atau esensial. Di sisi lain, banyak aktivitas harus berjalan demi menjaga target yang telah ditetapkan. Salah satunya di bidang pendidikan

Berdasarkan keterangan KBRI Paris, sekolah-sekolah dan universitas Prancis menjalankan program pembelajaran jarak jauh atau secara daring. Di bidang kebudayaan, bermunculan model kunjungan ke museum, atau mendengarkan konser musik dan opera secara virtual. Sistem kerja secara umum juga dilakukan secara daring, yang disebut tele-travail

Situasi Covid-19 memang memberikan tantangan dalam pelaksanaan kehidupan sehari-hari.  Dubes Arrmanatha C Nasir menegaskan, kondisi ini bisa membuka peluang baru dalam strategi kerja atau berkegiatan, terutama dengan memanfaatkan platform online. “Dalam situasi ‘new normal’ ini, kita harus bisa menggali semua kemungkinan yang ada,” ucap Dubes Arrmanatha, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (30/4). 

Baca juga : Peduli Covid-19, Coway Indonesia Sumbang Air Purifier Untuk Rumah Sakit Rujukan

Salah satu wujudnya adalah penyelenggaraan lomba kreativitas pembuatan video bertema Covid-19 bagi mahasiswa Indonesia dan lomba Bahasa Indonesia bagi pemuda Prancis. Memanfaatkan basis mahasiswa Indonesia di Prancis yang inovatif dan kreatif, lomba video akan menggalang masukan atau usulan para mahasiswa Indonesia yang dapat membantu pemerintah dan rakyat Indonesia untuk melawan Covid-19. 

Mengomentari pelaksanaan lomba ini, Atdikbud Prof. Warsito menyampaikan harapan agar para pelajar dapat mempersembahkan analisis atau dari pengalaman sukses yang ada. Terutama selama confinement di Prancis, yang bisa berguna untuk Tanah Air. 

Selama masa Covid-19, cukup banyak kebijakan yang dikeluarkan atau penelitian yang dilakukan, misalnya di bidang kesehatan, ekonomi, kebijakan publik, sosial, humaniora, sains, dan teknologi. “Walaupun adik-adik mahasiswa ini jauh dari Tanah Air, tapi hatinya tetap dekat karena keluarga, teman-temannya di sana dan semua terpengaruh coronavirus,” ungkap Warsito.

Baca juga : Lagi, Taspen Nyumbang Alat Rapid Test Corona dan APD Untuk Para Pegawai Kementerian PAN RB

KBRI juga menjangkau warga negara Prancis melalui lomba pidato Bahasa Indonesia. Selain untuk mempromosikan Bahasa Indonesia di Prancis, kegiatan ini untuk menjaring para penutur Bahasa Indonesia, khususnya kalangan muda Prancis. Mengangkat tema ‘Covid-19 dan Solidaritas’, para peserta lomba harus mengirimkan video presentasinya untuk dinilai panitia. Baik video dari pelajar Indonesia dan Prancis harus masuk ke meja pantia pada tanggal 11 Mei 2020. 

Dari pelaksanaan lomba ini, KBRI juga memantau kondisi para pelajar Indonesia di Prancis. “Kita coba banyak cara, untuk stimulasi agar para pelajar, warga Indonesia tidak bosan, selalu bersemangat,” tutup Warsito. 

Kegiatan ini adalah rangkaian dari sejumlah program KBRI Paris sepanjang periode confinement Covid-19. Termasuk diskusi online bertema kesehatan dan psikologi, serta bantuan perlindungan bagi WNI di Prancis. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.