Dark/Light Mode

Setelah Makan Siang Bersama Macron

Meski Hasil Tes Negatif, PM Portugal Tetap Isolasi Mandiri 14 Hari

Minggu, 20 Desember 2020 00:27 WIB
Setelah Makan Siang Bersama Macron Meski Hasil Tes Negatif, PM Portugal Tetap Isolasi Mandiri 14 Hari

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri (PM) Portugal Antonio Costa akan segera menjalani masa isolasi mandiri selama 14 hari, dan menghabiskan libur Natal di rumah dinasnya.

Selain itu, Costa juga membatalkan seluruh aktivitas publiknya. Termasuk perjalanan Sao Tome dan Principe, serta Guinea Bissau pada akhir pekan ini. Namun, Costa tetap menjalankan tugas-tugas kepresidenan sebagaimana mestinya, dari jarak jauh.

Hal itu dilakukan, setelah Costa berinteraksi dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam pertemuan di Paris pada Rabu (16/12).

Berita Terkait : Macron Positif, Pemimpin Eropa Ramai-ramai Tes Covid

Dalam pertemuan yang membahas soal kepresidenan Dewan Eropa Portugal yang akan datang, Costa dan Macron sempat makan siang bersama.

Beberapa berita foto yang beredar menunjukkan, Macron menyambut Costa dengan hangat di istananya. Keduanya tampak mengenakan masker, namun nyaris tak ada jaga jarak, saat berjalan berdampingan memasuki Istana Elysee.

Sehari setelahnya, Kamis (17/12), Macron dinyatakan positif Covid-19.

Berita Terkait : Presiden Prancis Emmanuel Macron Tersengat Corona

Seperti dikutip Kantor Berita Lusa, Otoritas Kesehatan Regional Lisbon (ARSLVT) mengatakan, pertemuan antara kedua pemimpin negara di Paris pada Rabu (16/12), sangat rentan penyebaran Covid-19. Pertemuan itu membahas kepresidenan Dewan Eropa Portugal yang akan datang.

Kamis (17/12) lalu, Costa sudah dites Covid. Hasilnya, negatif. Namun, ARSLVT tak mau ambil risiko. Costa diminta menjalani masa karantina hingga 29 Desember.

Kabar Macron terjangkit Covid yang diumumkan pada hari Kamis (17/12), sontak mendorong upaya pelacakan dan penelusuran di seluruh Eropa. Sebab, kabar tersebut mencuat setelah Macron menghadiri KTT Uni Eropa di Brussels, Belgia pada pekan lalu.

Baca Juga : Mendagri Ingin IGA Dapat Pacu Daerah Lebih Inovatif

Dalam acara tersebut, Macron juga bertemu dengan PM Spanyol Pedro Sanchez, yang kemudian dinyatakan negatif. [HES]