Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes Ibnu Hadi Pamitan Kepada Wakil Perdana Menteri Vietnam

Rabu, 23 Desember 2020 23:11 WIB
Duta Besar Ibnu Hadi (kiri) menerima cinderamata dari Wakil Perdana Menteri/Menteri Luar Negeri Vietnam, Pham Binh Minh. (Foto KBRI Hanoi/Dok RMco.id)
Duta Besar Ibnu Hadi (kiri) menerima cinderamata dari Wakil Perdana Menteri/Menteri Luar Negeri Vietnam, Pham Binh Minh. (Foto KBRI Hanoi/Dok RMco.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Ibnu Hadi melakukan kunjungan perpisahan dengan Wakil Perdana Menteri/Menteri Luar Negeri Vietnam, Pham Binh Minh, pada Selasa Siang (22/12), sebelum mengakhiri masa tugasnya di Vietnam.

Pada pertemuan tersebut, Wakil Perdana Menteri/Menteri Luar Negeri Pham Binh Minh menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kontribusi aktif Duta Besar selama lima tahun terakhir dalam memperkuat dan memperdalam persahabatan tradisional dan kemitraan strategis antara Indonesia-Vietnam.

Berkerja sama dengan Vietnam, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Hanoi (KBRI Hanoi) telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan perayaan peringatan 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara (1955-2020) serta peringatan 60 tahun kunjungan Presiden Ho Chi Minh ke Indonesia serta kunjungan Presiden Soekarno ke Vietnam (1959-2019).

Wakil PM/Menlu Pham Binh Minh juga mengucapkan selamat atas penganugerahan The Friendship Order dari Presiden Vietnam dan The Medal for Peace and Friendship Among Nations dari Vietnam Union of Friendship Organizations (VUFO).

Baca juga : PLN Pastikan Keandalan Pasokan Listrik Jelang Nataru

Wakil Perdana Menteri juga menekankan, Indonesia dan Vietnam perlu terus berupaya untuk mewujudkan kerja sama yang konkret di bidang-bidang potensial dalam konteks pemulihan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan usai pandemi Covid-19. Hal itu akan berjalan baik, katanya, karena kedua negara punya sejarah dan tradisi yang panjang, kesamaan pandangan tentang perdamaian, kedaulatan nasional, dan kepentingan strategis.

Ia juga mengharapkan agar kedua negara dapat terus melanjutkan praktik saling dukung di berbagai organisasi dan forum regional maupun internasional. Perlu diketahui, Indonesia-Vietnam telah mempererat hubungan melalui Kemitraan Strategis.

Dalam konteks regional, Indonesia telah memainkan peranan penting di ASEAN, dan kedua negara memiliki aspirasi yang sama untuk menjamin sentralitas dan solidaritas ASEAN. Kedua negara juga menaruh perhatian pada pemberdayaan dan penguatan peran perempuan dalam konteks agenda Perempuan, Perdamaian dan Keamanan. Diharapkan nanti, kedua negara dapat terus bekerja sama bagi perdamaian berkelanjutan.

Menanggapi hal tersebut, Dubes Ibnu Hadi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Wakil Perdana Menteri atas bantuan, dukungan dan koordinasi yang erat selama pelaksanaan tugas di Vietnam. Duta Besar secara pribadi telah menganggap Vietnam sebagai rumah keduanya.

Baca juga : Benahi Pendataan, Ganjar Waspadai Jual Beli Vaksin

Ia menegaskan, Indonesia selalu memandang penting peran dan posisi Vietnam di kawasan maupun di dunia internasional. Ia juga mengungkapkan kekagumannya menyaksikan pencapaian Vietnam dalam bidang pembangunan sosial ekonomi maupun posisinya di dunia internasional selama 5 tahun terakhir, termasuk pencapaian dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Hubungan kerja sama antara Indonesia dan Vietnam berkembang positif meski dihadapkan pada situasi pandemi yang semakin kompleks,” tambah Ibnu Hadi.

Di akhir pertemuan, Ibnu Hadi mengapresiasi Pemerintah Vietnam atas suksesnya penyelenggaraan APEC 2017 dan ASEAN 2020, serta kinerja yang sangat baik sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2020-2021.

"Setelah kembali ke Indonesia, apapun posisi saya nanti, saya akan terus berupaya mendorong penguatan Kemitraan Strategis kedua negara yang lebih substantif dan efektif," tegas mantan Konsul Jenderal Republik Indonesia di Osaka itu. 

Baca juga : Pertamina Berikan Penghargaan Pada Pelanggan Industri Setia

Ibnu Hadi juga menyampaikan harapan akan kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan Kongres Partai Komunis Vietnam yang akan diselenggarakan pada Januari 2021. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.