Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perayaan Tahun Baru

KBRI Pyongyang Bikin Api Unggun

Sabtu, 2 Januari 2021 05:38 WIB
Suasana acara api unggun perayaan Malam Tahun Baru di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Pyongyang, Korea Utara.
Suasana acara api unggun perayaan Malam Tahun Baru di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Pyongyang, Korea Utara.

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar RIuntuk Re­publik Rakyat Demokra­tik Korea (Korea Utara), Berlian Napitupulu, mengadakan Perayaan Tahun Baru 2021 pada malam penghujung tahun 2020 di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Pyongyang, Kamis (31/12).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, perayaan tahun ini hanya digelar di lingkungan KBRI dan di­hadiri para staf. Kegiatan digelar dengan mema­tuhi protokol pencegahan Covid-19. Kegiatan ini digelar agar orang-orang Indonesia di Korea Utara tetap bergembira di per­gantian tahun, walau se­dang terjadi pandemi.

Istri dubes, Elisabeth Napitupulu dan tiga orang staf KBRI Pyongyang yang berada di Indonesia ikut acara itu secara daring dari empat tempat berbeda.

Baca juga : Jelang Tahun Baru, 272 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

”Tahun ini adalah tahun paling unik di sepanjang sejarah. Tidak menyangka bahwa dampak pandemi Covid-19 sehebat ini,” katanya.

Elisabeth mengajak para staf dan keluarga KBRI untuk merenung sejenak tentang pencapaian apa saja yang sudah dilakukan sepanjang tahun 2020. Dia juga mengajak bersyukur.

“Jika saat ini kita masih dalam keadaan sehat, masih memiliki orang-orang yang dicintai dan masih memiliki pekerjaan, kita adalah orang-orang yang beruntung dan patut ber­syukur kepada Tuhan,” sambungnya.

Baca juga : Masuki 2021 Dengan Langkah Lebih Tegap

Perayaan dibuka dengan makan malam bersama. Untuk menambah meriah, ada dekorasi lampu hias dipadu dengan dua pasang Wayang Golek Indonesia di atas meja jamuan makan. Selanjutnya Berlian bersa­ma para staf dan keluarga KBRI asyik tenggelam da­lam kegiatan karaoke, mini games, dan door prize.

Usai permainan indoor, Berlian mengajak peser­ta keluar ruangan untuk melakukan penyalaan api unggun pada detik-detik menjelang pergan­tian tahun. Lagu ciptaan Iwan Fals & Friends ber­judul Kemesraan menam­bah kehangatan dan ke­haruan suasana perayaan ini. Semua peserta bersu­kacita bersama, bernyanyi dan bergandengan tangan sambil mengitari api. Saat itu suhu udara -11 derajat celcius.

Perayaan dengan Api Unggun tradisi Indonesia ini merupakan pertama kalinya dilakukan di KBRI Pyongyang. Berlian ber­harap pada tahun-tahun mendatang, pengembangan tradisi budaya Indonesia di luar negeri, khususnya di Korea Utara dapat terus dilakukan walaupun ada keterbatasan akibat pan­demi yang sedang berlang­sung. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.