Dark/Light Mode

Indonesia-Jerman Deklarasikan Kerja Sama Bidang Kesehatan

Jumat, 26 Februari 2021 21:28 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: Patra Rizky Syahputra/RM)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: Patra Rizky Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan Indonesia (Kemenkes) dan Kementerian Kesehatan Jerman menggelar seremoni virtual penandatanganan Deklarasi Bersama Kerja Sama Kesehatan, Kamis (25/2). Deklarasi Bersama didirikan untuk memperkuat hubungan persahabatan antara kedua negara dan mempromosikan kerja sama kesehatan atas dasar saling menguntungkan dan saling menghormati.

Ini merupakan kesepakatan kerja sama kesehatan pertama kedua negara. Deklarasi bersama ini akan fokus pada bidang-bidang seperti pelayanan kesehatan, pencegahan dan pengendalian penyakit, kesehatan masyarakat, farmasi dan alat kesehatan, serta pengembangan sumber daya manusia di bidang kesehatan.

Baca juga : Pengamat: PP Postelsiar Atur Kerja Sama Yang Adil Dan Non Diskriminatif  

Deklarasi Bersama ditandatangani Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dan Sekretaris Parlementer Negara Bagian Kemenkes Jerman Sabine Weiss. Rincian spesifik lebih lanjut tentang kegiatan, proyek, dan program kerja sama akan diatur dalam pengaturan terpisah oleh Joint Working Group (JWG).

BGS, sapaan Budi Guna Sadikin, berharap, pelaksanaan kerja sama ini dapat memberikan hasil yang paling bermanfaat bagi kedua negara. “Pandemi Covid-19 telah memberi kami pengalaman penting dan kerja sama internasional akan membawa kita bersama untuk memerangi pandemi ini dengan sukses,” katanya, seperti dikutip kemenkes.go.id, Jumat (26/2).

Baca juga : Transformasi Digital Pendidikan Keagamaan, Kemenag Hadirkan EMIS 4.0

Sekretaris Parlemen Negara Bagian Kemenkes Jerman Sabine Weiss senang karena hubungan baik kedua negara kini semakin diperkuat di bidang kerja sama kesehatan melalui penandatanganan Deklarasi Bersama. “Melihat tantangan masa depan, Indonesia dan Jerman dapat belajar banyak dari satu sama lain dan mencapai banyak hal bersama-sama. Saya secara khusus memikirkan pencegahan dan pengendalian penyakit serta pengelolaan pandemi Covid-19,” tutur Weiss.

Duta Besar Indonesia untuk Jerman Arif Havas Oegroseno menambahkan, peralatan medis dan farmasi akan menjadi dua dari tujuh sektor prioritas Indonesia selama Hannover Messe 2021 di Jerman, yang Indonesia akan menjadi negara mitra. Hannover Messe merupakan eksibisi yang memfokuskan pada beragam isu terkini teknologi dan solusi industri manufaktur, termasuk penerapan teknologi pada revolusi industri ke-4. “Saya ingin menyaksikan banyak kesepakatan bisnis dan investasi antara perusahaan teknologi kesehatan Jerman dan Indonesia,” katanya.

Baca juga : Banjir Zaman Ahok Vs Banjir Zaman Anies, Emang Parahan Mana?

Duta Besar Jerman untuk Indonesia Peter Schoof mengatakan, Deklarasi Bersama tentang Kerja Sama Kesehatan ini sangat penting untuk saling menguntungkan. “Ilmuwan Jerman akan bersemangat untuk belajar dari pengalaman Indonesia dan sebaliknya. Perusahaan Jerman siap berperan dalam modernisasi sistem kesehatan Indonesia, karena kami juga mendorong perusahaan Indonesia untuk memasarkan inovasinya di Jerman,” ucap Schoof. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.