Dark/Light Mode

Hari Ini Dan Besok Jakarta, Diprediksi Banjir

Semoga Ramalannya Meleset

Jumat, 19 Februari 2021 06:30 WIB
Warga menyelamatkan barang-barangnya saat banjir merendam kawasan RW 5, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta, Kamis (18/2/2021). (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
Warga menyelamatkan barang-barangnya saat banjir merendam kawasan RW 5, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta, Kamis (18/2/2021). (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hari ini dan besok Jakarta diguyur hujan lebat. Ibu Kota pun terancam kebanjiran. Semoga ramalan ini meleset ya... Amin.

Deputi Meterologi BMKG, Guswanto mengeluarkan peringatan potensi banjir di sejumlah provinsi, mengingat curah hujan cukup tinggi. Lima provinsi masuk dalam daftar siaga potensi banjir BMKG. Sedangkan 14 provinsi berstatus waspada bencana tersebut.

“Siaga dikeluarkan untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Sulawesi Utara,” kata Guswanto, di Jakarta, Kamis (18/2).

Baca juga : Jakarta Diprediksi Akan Banjir, Riza Patria Minta Warga Siaga

Bagaimana dengan Jakarta? Kata Guswanto, Jakarta masuk dalam kategori waspada, bersama Banten, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Lapan juga memprediksi cuaca ekstrim akan melanda Jakarta dan sekitarnya, hari ini maupun besok. Ramalannya, hujan bisa menyebabkan banjir seperti yang pernah terjadi 1 Januari 2020 lalu. Lebih rinci, Satellite-based Disaster Early Warning System (Sadewa) milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan) memprediksi, sepanjang 19-20 Februari ini, hujan ekstrim terjadi di kawasan Jakarta sejak pukul 23.00 WIB.

Parahnya, intensitas justru semakin meningkat, dan jangkauannya meluas hingga Bekasi, Depok, Tangerang, bahkan Karawang. Pada periode ini, sore harinya hujan juga akan terbentuk di kawasan Bogor dan sekitarnya.

Baca juga : Pemkot Jakpus Targetkan Semua RT Zona Hijau Pada Maret

Peneliti Sains Atmosfer pada Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer Lapan, Erma Yulihastin memprediksi, hujan ekstrim mencapai intensitas maksimum pada pukul 05.00 WIB. Setelah itu, intensitas akan berkurang. “Namun, hujan dalam skala meso atau luas akan terjadi sepanjang hari hingga pukul 17.00 WIB di kawasan Jakarta dan sekitarnya,” terangnya, Kamis (18/2).

Hujan di Jakarta masih akan terjadi hingga pukul 04.00 WIB, Minggu (20/2). Hujan ekstrem ini sangat erat dipengaruhi oleh penguatan CENS (Cross Equatorial Northerky Surge) dan angin utara di Laut Jawa yang bersifat sangat lembab.

Belum juga dilanda cuaca ekstrim, kemarin Jakarta sudah pontang-panting. Berdasarkan akun Instagram @jktinfo, sejumlah kawasan Ibu Kota terendam banjir. Seperti di Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, air merendam jalanan dengan ketinggian sekitar 30 centimeter.

Baca juga : Bamsoet Puji IMI DKI Jakarta Bantu Korban Banjir Indramayu

Demikian pula di Tebet Barat, air menggenang setinggi 10-20 cm di jalanan. Sedangkan kawasan pemukiman Tebet Utara, tinggi muka air mencapai pinggang orang dewasa.

Kondisi yang sama juga terjadi di Tegal Parang, Mampang Prapatan. Tinggi muka air diperkirakan mencapai 60 cm. Tak pandang bulu. Ketinggian air ikut merendam rumah pribadi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.