Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Inggris Terus Dorong ASEAN Mau Jadi Mitra Dialog

Jumat, 7 Mei 2021 14:23 WIB
Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab bertemu Menteri Luar Negeri II Brunei Darussalam Dato Erywan di sela acara G7 di London, Inggris, Jumat (7/5). (Foto: Ist)
Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab bertemu Menteri Luar Negeri II Brunei Darussalam Dato Erywan di sela acara G7 di London, Inggris, Jumat (7/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab baru saja bertemu Menteri Luar Negeri II Brunei Darussalam Dato Erywan di sela acara pertemuan tingjat tinggi G7 di London, Inggris, Jumat (7/5).

Ini adalah pertama kalinya perwakilan dari ASEAN diundang menghadiri pertemuan para Menteri Luar Negeri G7. Undangan Inggris kepada Ketua ASEAN untuk menghadiri pertemuan G7 menandakan besarnya keinginan Inggris untuk lebih mendekatkan hubungan dengan kawasan Indo-Pasifik, sebagaimana diuraikan dalam Tinjauan Terpadu Inggris (Integrated Review) bidang Keamanan, Pertahanan, Pembangunan dan Kebijakan Luar Negeri yang diterbitkan pada Maret lalu.

Pertemuan kedua Menlu hari ini merupakan yang pertama sejak para pemimpin ASEAN menyetujui permohonan Inggris untuk menjadi mitra dialog pada pertemuan mereka di Jakarta pada 24 April. Para Kepala Negara menugaskan para Menteri Luar Negeri ASEAN untuk memulai langkah-langkah untuk meresmikan Inggris menjadi mitra dialog pada Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-54 pada Agustus ini.

Baca juga : Minta Jangan Dihujat Lagi

Permohonan Inggris untuk status mitra dialog mencerminkan komitmen Inggris untuk wilayah Indo-Pasifik. Dalam pembicaraan hari ini, kedua Menteri sepakat untuk membangun hubungan perdagangan Inggris-ASEAN yang lebih dalam dan kerja sama di bidang keamanan, serta untuk bekerja sama untuk mengatasi tantangan seperti perubahan iklim dan pemulihan dari Covid-19.

Menlu Raab mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para Pemimpin ASEAN yang telah menerima aplikasi Inggris untuk status mitra dialog.

"Kami menantikan kerja sama yang lebih erat dalam bidang perdagangan, iklim, dan keamanan regional," ujarnya dikutip dari rilis Kedubes Inggris, Jumat (7/5).

Baca juga : Longsor Di Sukabumi Telan Korban Satu Balita

Lebih lanjut Raab menjelaskan, dalam pertemuan tersebut keduanya juga membahas situasi yang sedang berlangsung di Myanmar.

"Saya menggarisbawahi penolakan keras Inggris terhadap kudeta militer dan peran penting yang dapat dimainkan ASEAN berdasarkan prinsip-prinsip Piagam ASEAN. Saya berharap untuk dapat memperkuat komitmen kami di kawasan ASEAN lebih jauh lagi di tahun-tahun mendatang," sambung Raab.

Topik lain yang dibahas dalam pertemuan tersebut termasuk cara untuk meningkatkan ambisi dan target iklim G7 dan ASEAN secara efektif menjelang KTT COP26 di Glasgow akhir tahun ini. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.