Dark/Light Mode

Begini Keseruan Open House Idul Fitri Di Korea Utara

Jumat, 14 Mei 2021 17:37 WIB
Dubes Berlian Napitupulu (berbatik) berfoto dengan para dubes dan perwakilan negara sahabat dari Timur Tengah, di Pyongyang, Korea Utara. (Foto KBRI Pyongyang)
Dubes Berlian Napitupulu (berbatik) berfoto dengan para dubes dan perwakilan negara sahabat dari Timur Tengah, di Pyongyang, Korea Utara. (Foto KBRI Pyongyang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Demokratik Korea (Korea Utara) Berlian Napitupulu mengadakan Halal Bihalal Idul Fitri 1442H dalam bentuk open house sederhana di Wisma Duta KBRI Pyongyang pada 13 Mei 2021.

Open house di era pandemi Covid-19 tahun ini dihadiri seluruh WNI di Pyongyang dan para Kepala Perwakilan Negara Islam. Yaitu: Duta Besar Palestina, Duta Besar Suriah, Kuasa Usaha Mesir dan Staf Kedutaan Besar Iran beserta keluarga.

Baca juga : Bamsoet Terima Ucapan Idul Fitri Dari Ketua Parlemen Singapura

"Kita sangat bersyukur hingga sekarang sehat-sehat dan tahun ini diperbolehkan mengadakan kegiatan sehingga bisa menggelar open house dan shalat Id," terang Dubes Berlian Napitupulu dalam sambutannya.

"Sebelum pandemi, ada sekitar 90 orang masyarakat Muslim di Pyongyang dari berbagai kedutaan dan organisasi internasional. Sekarang hanya sekitar 30 orang, termasuk 12 orang WNI. Namun kita bersyukur masih kompak dan diperbolehkan berkumpul sehingga tali persahabatan masih terjalin di tengah keterbatasan dan lockdown," sambungnya. 

Baca juga : Dubes Singapura : Idul Fitri Momen Untuk Saling Membantu

Dubes Suriah mengakui sejak lama bahwa Indonesia merupakan suatu model terbaik bagi dunia Islam karena sangat moderat dan toleran. Ia juga memuji peranan Indonesia yang selalu membantu umat Muslim, khususnya dalam masalah Palestina.

"Indonesia adalah model terbaik dunia Muslin," katanya. Duta Besar Palestina mengamini pernyataan Dubes Suriah dan mengapresiasi sikap Presiden Joko Widodo dan pernyataan Menlu RI mengenai konflik yang terjadi di Palestina.

Baca juga : Wadubes Australia: Idul Fitri Semoga Damai Bahagia

Open house ini juga dimanfaatkan KBRI Pyongyang untuk mempromosikan masakan dan minuman khas Indonesia antara lain: gulai ayam, baso ikan, mie goreng, tahu isi, bolu kukus, cendol, teh dan kopi Indonesia.

Seluruh WNI di Pyongyang merasa bersyukur atas diselenggarakannya acara ini hingga dapat bersilaturahim dan berkumpul bersama kembali di Hari Raya. Acara ditutup dengan foto bersama dan pemberian bingkisan batik sebagai souvenir khas Indonesia kepada Duta Besar dan kepala perwakilan asing yang hadir.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.