Dark/Light Mode

Sebulan Lebih Berjuang Melawan Covid

Veteran Perang Dunia II Asal Rusia Ini Merasa Terlahir Kembali Di Usia 102

Sabtu, 24 Juli 2021 11:03 WIB
Veteran Perang Dunia II Nikolai Bagayev, berseragam militer lengkap saat keluar dari rumah sakit, usai menjalani perawatan Covid-19. (Foto: Reuters)
Veteran Perang Dunia II Nikolai Bagayev, berseragam militer lengkap saat keluar dari rumah sakit, usai menjalani perawatan Covid-19. (Foto: Reuters)

 Sebelumnya 
Dalam lika-liku hidupnya, Bagayev melalui banyak babak perjuangan mempertahankan Uni Soviet, yang kini telah runtuh.

Selama masa perang, Bagayev dua kali terluka. Satu kali, luka ringan.

Baca juga : Cegah Penyebaran Covid, 250 Pedagang Pasar Induk Kramat Jati Divaksin

"Dia adalah prajurit sejati. Dia masih mengingat masa perang yang dilalui, terutama saat terluka dalam pertempuran Moskow. Berbagai memori itulah yang membantu mempercepat masa pemulihannya di rumah sakit," tutut dokter yang merawat Bagayev, Valentina Rakitskaya.

Selepas perang, Bagayev bekerja di Republik Soviet Kazakhstan. Ia membantu membangun kosmodrom Baikonur yang mengirim manusia pertama ke luar angkasa, Yuri Gagarin, pada tahun 1961.

Baca juga : Berjuang Melawan Covid, Mantan Gitaris GIGI Aria Baron Tutup Usia

"Teknik pernapasan yang saya pelajari dari para kosmonot Soviet, sangat membantu mempercepat pemulihan saya dari penyakit Covid-19," tutur Bagayev.

Sebagai anggota setia partai komunis oposisi Rusia, Bagayev berencana membantu kampanye partai tersebut, jelang pemilihan parlemen pada September mendatang.

Baca juga : Ashanty Sedih, Ingat Masa-masa Berjuang Melawan Covid Bersama Mendiang Rina Gunawan

"Tapi, untuk saat ini, saya hanya ingin bisa berjalan lagi. Tanpa bantuan," katanya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.