Dark/Light Mode

Suga Mundur, Hari Ini Jepang Pilih PM Baru

Rabu, 29 September 2021 10:44 WIB
Para kandidat untuk pemilihan presiden Partai Demokrat Liberal yang berkuasa di Jepang  adalah, dari kiri: Taro Kono, Fumio Kishida, Sanae Takaichi dan Seiko Noda. (Foto Reuters/Eugene Hoshiko, Pool)
Para kandidat untuk pemilihan presiden Partai Demokrat Liberal yang berkuasa di Jepang adalah, dari kiri: Taro Kono, Fumio Kishida, Sanae Takaichi dan Seiko Noda. (Foto Reuters/Eugene Hoshiko, Pool)

 Sebelumnya 
Kalender Politik Jepang

Setelah pemimpin LDP baru terpilih, parlemen akan dipanggil ke dalam sesi untuk memilih PM Jepang berikutnya. Kandidat yang memenangkan mayoritas suara yang diberikan Majelis Rendah dan Majelis Tinggi parlemen akan mengambil posisi teratas negara itu. Mengingat LDP memegang suara mayoritas di kedua majelis, pemimpin LDP kemungkinan akan terpilih sebagai PM Jepang yang baru.

Baca juga : Saksi dari Polri Ini Akui Kenalkan AKP Robin Ke Azis Syamsuddin

Selanjutnya, PM baru diharapkan untuk membentuk kabinet baru dan merombak pengurus partai LDP pada awal Oktober 2021. Kemudian, karena masa jabatan anggota Majelis Rendah berlangsung hingga 21 Oktober, yang berarti pemilihan umum akan diadakan pada tahun ini. Sebelumnya, PM  (yang sedang menjabat) berhak membubarkan Majelis Rendah dan mengadakan sebuah pemilu.

Pemilu harus dilakukan dalam waktu 40 hari sejak PM membubarkan Majelis Rendah. Mengingat masa jabatan anggota Majelis Rendah akan berakhir pada 21 Oktober, maka pemilihan umum cepat paling lambat dapat dilakukan pada 28 November. Di Jepang, pemilu biasanya diadakan pada hari Ahad.

Baca juga : Cek Di Sini, Hari Ini SIM Keliling Polda Metro Hadir Di 5 Lokasi

Namun, jika PM tidak membubarkan Majelis Rendah dan anggota parlemen menjalankan masa jabatan penuh, pemilihan umum harus diadakan dalam waktu 30 hari setelah penutupan parlemen. Dalam hal ini, pemilihan umum paling lambat akan berlangsung pada 14 November. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.