Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Saksi dari Polri Ini Akui Kenalkan AKP Robin Ke Azis Syamsuddin

Senin, 27 September 2021 20:33 WIB
Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Saksi bernama Agus Supriadi mengungkapkan awal pertemuan mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) AKP Stepanus Robin Pattuju alias Robin dengan mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin.

Agus Supriadi merupakan anggota Polri saat ini bertugas sebagai Wakasatreskrim Polrestabes Semarang. Dia juga sempat bertugas sebagai Kasatreskrim Polres Brebes Juli 2020-Maret 2021 dan pada Februari 2020 dia ada di Direktorat Cyber Crime di Polda Jateng.

Awalnya, Agus mengaku kenal Robin saat masa pendidikan. Saat itu Robin tingkat II, sedangkan Agus ada di tingkat III. Lalu, hubungan mereka terus berlanjut hingga Robin menjadi penyidik KPK.

Agus mengatakan, dia lebih dulu mengenal Azis Syamsuddin dibanding Robin. Awal pertemuan Agus terjadi di Papua ketika dirinya mengawal Azis selaku Ketua Komisi III DPR melakukan kunjungan kerja ke Bumi Cenderawasih itu.

Baca juga : Siapa Pengganti Azis Syamsuddin?

Dari situ, keduanya saling bertukar nomor handphone. Setelah bertukar nomor handphone, Azis Syamsuddin dan Agus Supriadi makin akrab. Beberapa kali Agus mengunjungi rumah Azis.

Agus mengatakan, sekitar tahun 2019, saat dia berkunjung ke rumah Azis, dia ditanya apakah punya kenalan di KPK.

"Apakah Saudara saat berkunjung pernah ditanya Pak Azis 'apa Saudara punya rekan di KPK'?" tanya jaksa KPK, Wahyu Dwi Oktafianto dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Senin (27/9).

"Ya betul, beliau sempat tanyakan itu di 2019 itu, kalau saya nggak lupa, beliau sampaikan 'apakah ada teman di KPK'. Setelah itu alihkan pembicaraan yang lain, nanya keluarga. Saya bilang ada pak, dan beliau nggak tanya lagi," jawab Agus.

Baca juga : Azis Syamsuddin Bungkam

"Kenapa Saudara nggak tanya 'kenapa Pak Azis nanya teman di KPK'?" tanya jaksa. Agus mengaku tidak bertanya seperti itu ke Azis, karena dia tidak berani. "Itu yang kami bingung, kami juga nggak berani (tanya) ke yang bersangkutan," akunya.

Agus mengaku Azis hanya sebatas bertanya, dan tidak minta dikenalkan ke penyidik KPK. Namun, Agus mengatakan, dia menindaklanjuti pertanyaan Azis, dengan mencari penyidik KPK.  

Awalnya bukan Robin yang hendak dikenalkan ke Azis, tetapi penyidik KPK lainnya yang juga dari Polri bernama Soni dan Bisma. Namun, karena Soni dan Bisma mengatakan sibuk Agus mencari orang lain untuk dipertemukan ke Azis.

Akhirnya, setelah Robin lulus menjadi penyidik KPK pada 2019, Agus menghubungi Robin dan mengajak Robin bertemu Azis. Robin pun langsung menyanggupi itu.

Baca juga : KPK Resmi Umumkan Status Tersangka Azis Syamsuddin

"Jadi terdakwa saat lulus di KPK 2019, saya tanyakan 'Bin nanti saya ingin ikut KPK kira-kira belajar apa kiat-kiat apa gitu'. Yang bersangkutan bilang 'oh ya bang nanti ketemu di Jakarta'," beber Agus.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.