Dark/Light Mode

Horee, Perusahaan Farmasi Merck Berhasil Bikin Obat Corona

Sabtu, 2 Oktober 2021 13:38 WIB
Ilustrasi obat. (Foto: ist)
Ilustrasi obat. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada kabar baik dari perusahaan farmasi Merck. Mereka mengumumkan berhasil menciptakan pil antivirus, Molnupiravir. Pil itu juga diklaim bisa jadi opsi pengobatan Covid-19 termasuk varian Delta.

Dikutip dari Reuters, manajemen Merck menjelaskan pil Molnupiravir tidak menargetkan spike protein, tapi lebih ke polimerase virus atau enzim yang dibutuhkan virus untuk memperbanyak diri. 

Baca juga : Pengadaan Kontainer Bikin Kinerja Ekspor Semakin Baik

Pil bertugas mengacaukan kode genetik virus. Pil juga dinilai paling efektif jika diberikan di awal infeksi.

Hasil uji coba pil Molnupiravir terhadap pasien Covid-19 selama lima hari didapatkan pil ini mengurangi risiko rawat inap dan kematian hingga 50 persen.

Baca juga : Pemerintah Izinkan Kegiatan Besar, Asalkan Patuhi Aturan

Chief Executive Officer Merck, Rob Davis mengaku, sangat senang dengan hasilnya. “Anda tidak harus pergi ke rumah sakit, Anda tidak harus pergi ke ICU untuk memasang infus. Ini adalah pil yang bisa Anda minum di rumah,” ujarnya.

Merck menargetkan uji coba fase 3 selesai pada November. Merck berencana mendaftarkan 1.550 pasien dalam uji coba dan menghasilkan 10 juta program pengobatan pada akhir tahun dan menargetkan bisa diproduksi pada tahun 2022.

Baca juga : Partainya Merkel Masih Berjuang Cari Dukungan

Sejak awal pandemi, pengobatan oral yang praktis memang terus dicari dan dikembangkan. Obat lain termasuk remdesivir Gilead juga menunjukkan penurunan risiko perawatan di rumah sakit jika diberikan di awal infeksi. Namun obat harus diberikan secara intravena.

"Jika ini berhasil, itu akan mengubah lanskap. Masih banyak yang perlu kita ketahui. Seperti apa profil efek sampingnya? Tapi sebagai hasil awal, ini pasti menarik," ujar Kepala Divisi Penyakit Menular Pediatrik di University of Utah, Andy Pavia, dikutip dari Stat News. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.