Dark/Light Mode

Dubes Kristiarto Legowo, Promosikan Batik Bareng PPIA

Senin, 11 Oktober 2021 07:57 WIB
Duta Besar Indonesia Untuk Australia Kristiarto Legowo. (Foto: Dok. Kedubes RI di Canberra)
Duta Besar Indonesia Untuk Australia Kristiarto Legowo. (Foto: Dok. Kedubes RI di Canberra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Canberra, Australia, menggandeng Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) untuk mempromosikan batik secara virtual, Jumat lalu (8/10).

Acara seminar bertema, “Sustainability of Batik as Indonesia’s Heritage for the World: Opportunities and Challenges”, diikuti 100 peserta dari berbagai negara. Di antaranya dari Taiwan, Malaysia, India, Italia, Indonesia dan Australia.

Baca juga : Dubes Darmansjah Djumala, Resmikan Masjid Baru Wapena Di Wina

“Batik adalah bagian penting dan tak terpisahkan dari budaya dan diplomasi Indonesia. Karena batik sudah mendunia dan secara luas dicintai bukan hanya oleh orang Indonesia, tapi juga masyarakat dunia,” tutur Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Australia dan Vanuatu Kristiarto Legowo dalam keterangan pers KBRI Canberra, Sabtu (9/10).

Diakui Dubes Kristiarto, dirinya menggemari batik sebab dua fungsi dalam masyarakat Indonesia. yaitu fungsi budaya dan fungsi ekonomi.

Baca juga : Airlangga Blusukan Di Sawah Bareng Petani

“Keseimbangan dua fungsi itulah yang akan menjaga keberlanjutan batik sebagai warisan Indonesia untuk dunia. Sebagai warisan budaya, tentu batik harus dijaga dan dilestarikan,” jelasnya.

"Namun, sebagai komoditas ekonomi, selama ini batik telah menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat dan ini terus meningkat dari tahun ke tahun,” sambungnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.