Dark/Light Mode

Dubes Sukmo Harsono, Perkenalkan Pancasila Ke Pemuka Agama

Sabtu, 4 September 2021 07:45 WIB
Dubes Sukmo Harsono (kedua dari kanan) memberikan cindera mata  pada Uskup Jose Domingo Ulloa Mendieta. (Foto: KBRI Panama City)
Dubes Sukmo Harsono (kedua dari kanan) memberikan cindera mata pada Uskup Jose Domingo Ulloa Mendieta. (Foto: KBRI Panama City)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pancasila merupakan ideologi dan falsafah hidup yang dipegang teguh rakyat Indonesia. Ideologi itu juga diperkenalkan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Panama Sukmo Harsono, saat bertemu dengan Uskup Agung Panama Monsensor Jose Domingo Ulloa Mendieta.

Dalam pertemuan itu, Sukmo menyebut, dia menjelaskan secara rinci setiap sila dalam Pancasila. Juga makna lambang-lambang dalam kelima sila tersebut, serta kaitannya dengan aspekaspek kehidupan bernegara.

Baca juga : Dubes Australia Penny Williams, Siap Eratkan Hubungan Kedua Nagara

“Saya juga jelaskan bahwa Indonesia dipersatukan dengan prin sip satu Tanah air, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa,” kata Sukmo, dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Panama City.

Kepada Uskup Mendieta, Sukmo menyampaikan, Indonesia menjunjung tinggi perbedaan dan keberagaman. Kata dia, konstitusi Indonesia menjamin kebebasan beragama. Yakni pa da Pasal 29 undangundang Dasar (UUD) 1945.

Baca juga : Dirjen Adwil Kemendagri Dorong Camat Bumikan Pancasila Lewat Medsos

“Ada enam agama di Indonesia yang diakui Pemerintah. Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Buddha, dan Konghucu,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.