Dark/Light Mode

Kembali Masuk Daftar Muslim Berpengaruh, Didoakan Sukses Oleh Pangeran Charles

Jokowi Harum Sampai Jauh

Selasa, 2 November 2021 09:16 WIB
Presiden Jokowi mendapat tepuk tangan dari para pemimpin dunia saat menerima palu Presidensi G20, di Roma, Italia. (Foto: Twitter @jokowi)
Presiden Jokowi mendapat tepuk tangan dari para pemimpin dunia saat menerima palu Presidensi G20, di Roma, Italia. (Foto: Twitter @jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Presiden Jokowi begitu harum di luar negeri. Selain banyak dipuji di panggung KTT G20 di Roma, Jokowi kembali nangkring dalam jajaran 50 tokoh Islam berpengaruh di dunia.

Dalam daftar tokoh Islam berpengaruh yang dirilis Pusat Studi Strategi Islam (The Royal Islamic Strategic Studies Center/RISSC), posisi Jokowi tahun ini ada di posisi 13. Dibanding tahun sebelumnya, posisi Jokowi memang turun satu tingkat. Tapi, bila ditengok sejak 2015, Jokowi selalu masuk 20 besar dalam daftar The Muslim 500 itu.

Baca juga : Lestari: Disiplin Prokes Harus Diawasi Ketat

Hebatnya lagi, tahun ini, posisi Jokowi berada di atas tokoh Islam lain yang begitu terkenal di dunia. Di antaranya, Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Pangeran Mohammed Bin Salman (MBS) yang berada di urutan 15 dan pesepak bola Muslim asal Mesir Mohamed Salah yang berada di urutan 41. Bahkan, RISSC juga menganggap Jokowi lebih berpengaruh dari Imam besar senior di Al-Azhar, Sheikh Ahmed Al-Tayyeb yang menempati posisi ke-14.

Dalam pernyataannya yang dikutip The Muslim 500, Jokowi menyatakan bahwa Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Selain itu, Indonesia juga memiliki populasi Muslim terbesar di dunia. "Ini menunjukkan bahwa demokrasi dan Islam tidak bertentangan. Paham terorisme juga tidak terkait dengan agama apa pun," ujar Jokowi.

Baca juga : Tito Buyarkan Wacana Jokowi Sampai 2027

Lembaga tersebut juga merinci beberapa prestasi yang menjadikan Jokowi masuk dalam daftar tokoh Muslim berpengaruh. Di antaranya, suami Iriana ini dinilai sukses menjabat Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta. Ia juga punya gaya blusukan dalam kepemimpinan.

Siapa di urutan pertama? Lembaga penelitian independen yang berbasis di Amman, Yordania itu, mendapuk Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamid Al-Thani ada di puncaknya. Sementara Raja Salman di urutan kedua. Di posisi ketiga, ada pemimpin Agung Republik Islam Iran Ayatollah Hajj Sayyid Ali Khamenei. Lalu diikuti Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di urutan keempat.

Baca juga : Dosis Satu Dan Dua Harus Sama Ya!

Selain masuk daftar tokoh Muslim berpengaruh, Jokowi juga jadi pusat perhatian banyak pemimpin dunia saat ini. Bahkan, ia mendapat apresiasi dari Putra Mahkota Kerajaan Inggris, Pangeran Charles di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Roma, Italia, Minggu (31/10).

Apresiasi Pangeran Charles ini dilatarbelakangi oleh upaya Indonesia yang diketahui aktif melakukan penyelamatan bumi dari perubahan iklim. Selama pemerintahan Jokowi, Indonesia telah melakukan moratorium pembukaan hutan untuk lahan, sehingga dalam 4 tahun terakhir, perambahan hutan jarang terjadi lagi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.