Dark/Light Mode

Keuletan Kemnaker Fasilitasi Polemik Indomaret-Serikat Pekerja Berbuah Manis

Sabtu, 12 Juni 2021 11:00 WIB
Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI Jamsos) Indah Anggoro Putri (tengah), menyaksikan penandatangan damai antara PT Indomarco Prismatama dengan serikat pekerja.
Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI Jamsos) Indah Anggoro Putri (tengah), menyaksikan penandatangan damai antara PT Indomarco Prismatama dengan serikat pekerja.

RM.id  Rakyat Merdeka - Fungsi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sebagai fasilitator antara serikat pekerja dengan manajemen PT Indomarco Prismatama berbuah manis. Kedua belah pihak sepakat berdamai, dengan menandatangani dokumen perjanjian bersama untuk menyelesaikan masalah secara tuntas.

Penandatanganan perjanjian bersama ini disaksikan langsung Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI Jamsos), Indah Anggoro Putri. Perjanjian Bersama tersebut merupakan wujud aksi damai antarkedua belah pihak, menyusul perseteruan kasus Anwar Bessy dengan Indomaret.

Baca juga : Jokowi Serius Lindungi Pekerja Dari Corona

"Saya mendapat laporan dari Dirjen PHI dan Jamsos bahwa kedua belah pihak sepakat berdamai dan menyelesaikan kasus ini secara tuntas," kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah dalam keterangan resminya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (11/6).

Dia mengatakan, kementeriannya menyambut baik, sekaligus memberikan apresiasi atas ditandatanganinya perjanjian bersama oleh para pihak untuk menuntaskan masalah ini. "Inti yang paling penting PT Indomarco Prismatama dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) tetap menjalin hubungan industrial yang harmonis," jelas politisi PKB itu.

Baca juga : Ekuador Vs Peru, Fokus Area Bertahan

Dalam menyelesaikan kasus Indomaret ini, sebagaimana tertuang dalam perjanjian bersama, Ida mengungkapkan, kedua pihak menyepakati menyelesaikan secara kekeluargaan dengan dibuatkan kesepakatan perdamaian. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.