Dark/Light Mode

Pemerintah Pulangkan 129 PMI Yang Telantar Di Taiwan

Sabtu, 21 Agustus 2021 20:05 WIB
Proses kedatangan 129 Pekerja Migran Indonesia dan awak kapal dari Taiwan dan mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (21/8) pukul 04.00 dini hari.
Proses kedatangan 129 Pekerja Migran Indonesia dan awak kapal dari Taiwan dan mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (21/8) pukul 04.00 dini hari.

 Sebelumnya 
Pihaknya, lanjut Rendra, akan memastikan para PMI awak kapal tersebut terpenuhi hak-haknya, dengan berkoordinasi dengan seluruh pihak. Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar menjadi PMI secara prosedural melalui Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang resmi, dan terdaftar di Kemnaker.

Baca juga : Gercep, Kapolresta Malang Kota Bawa Pria Lumpuh Yang Telantar Ke RSSA

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator bidang PPMI Kemnaker, Ridho Amrullah mengungkapkan, pemulangan ini melibatkan sejumlah kementerian dan lembaga. Yakni Kemnaker, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, Satgas Penanganan Covid-19, Kementerian Perhubungan, Badan Perlindungan PMI (BP2MI), Imigrasi, Kementerian Perdagangan, KDEI Taiwan, dan unsur masyarakat lain, demi memastikan kedatangan mereka di tanah air dengan selamat.

Baca juga : Kemnaker Kembangkan Kejuruan Pariwisata di Solok

Setelah tiba di Tanah Air, lanjut Ridho, para PMI akan ditempatkan di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Pusat, untuk menjalani karantina dan dilakukan tes PCR, sebelum kembali ke kampung halamannya. Sementara PMI yang sakit dirujuk ke RS Polri, Kramat Jati, untuk menjalani perawatan lanjutan.

Baca juga : Menantu Nurhadi Gunakan Pelat Nomor Anggota Polri Saat Buron

"Sedangkan jenazah akan diserahkan kepada pihak keluarga untuk dilakukan pemakaman," beber dia. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.