Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tips Mengelola Emosi Dari Penulis Buku Layanan Putus

Senin, 28 Februari 2022 21:43 WIB
Webinar tentang mengelola emosi dan kesehatan mental yang digelar Kobe Boga Utama. (Foto: Ist)
Webinar tentang mengelola emosi dan kesehatan mental yang digelar Kobe Boga Utama. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyaknya permasalahan seputar rumah tangga yang terjadi di Indonesia pastinya secara langsung akan mempengaruhi stabilitas emosi dan kesehatan mental. Perselingkuhan dan poligami merupakan salah satu kasus permasalahan rumah tangga yang banyak dialami.

Belum lama ini web series Layangan Putus yang mengangkat kisah perselingkuhan pun menyita banyak perhatian dan ramai diperbincangkan. Buku best seller berjudul Layangan Putus karya Drh. Eca Prasetya atau Mommy ASF ini menjadi viral lantaran kisahnya yang ternyata menyentuh hati para pembaca dan bahkan tidak dipungkiri dapat dialami didalam rumah tangga.

Bagaimana mengelola emosi dan kesehatan mental saat sedang diterpa berbagai masalah rumah tangga? Untuk menjawab pertanyaan ini, PT Kobe Boga Utama mengadakan webinar bernama Love Yourself First dengan tema pahami diri sendiri dimulai dari self love. Dihadiri ratusan peserta, webinar ini menghadirkan penulis Layangan Putus, Drh. Eca Prasetya sebagai narasumber dan Frisca Melissa, M.Psi sebagai Psikologi Klinis.

Baca juga : Teknologi Digital Solusi Di Masa Pandemi, Analis Ingatkan Keamanan Data

Melalui acara ini, Kobe mengajak para wanita, khususnya para ibu untuk bisa lebih memahami dan mencintai diri sendiri di tengah situasi yang tidak diinginkan dalam kehidupan berkeluarga. Dengan lebih memahami dan mencintai diri sendiri, diharapkan dapat memberikan solusi dan membawa dampak yang bisa menyehatkan mental untuk kehidupan seorang ibu.

Dalam webinar ini diungkapkan lebih dalam apa yang melatarbelakangi penulis mengangkat kisah permasalahan rumah tangga serta menilik sudut pandang psikolog dalam menyikapi persoalan tersebut. Penjelasan dari pakar psikolog turut memberikan solusi yang berkaitan dengan perasaan, emosi, dan perilaku.

Karena menurut penelitian perempuan lebih rentan terhadap stress dan lebih suka memendam masalahnya sendiri terutama permasalahan dalam rumah tangga. Selain itu, juga dibahas mengenai cara survive, cara mamahami dan mencintai diri sendiri tentunya dan kelebihan kekurangan pasangan yang memiliki sifat idealis.

Baca juga : Sudah Halal, Menag: Ini Dua Keunggulan Vaksin Merah Putih

Drh. Eca Prasetya mengatakan, saat sedang terkena benturan atau masalah serupa seperti di kisah Layangan Putus, cobalah untuk menenangkan diri dan mempersilakan diri untuk merasakan kesedihan serta kekecewaan dari perasaan negatif yang memang hal itu realita serta manusiawi. Jadikan momen tersebut untuk instropeksi dan memahami diri, namun jangan berlarut-larut.

“Kemudian cari solusi dan perbaiki diri agar bisa bangkit kembali. Serta perhatikan juga orang-orang terdekat, anak misalnya, jangan biarkan masalah dan kesedihanmu memberikan dampak negatif kepadanya,” ujarnya, Senin  (28/2).

Frisca Melissa menambahkan, apabila sudah berhasil bangkit kembali, berikan juga self reward seperti makan makanan kesukaan, liburan. Dengan memperhatikan kebutuhan diri sendiri dan meluangkan waktu untuk diri sendiri, ini adalah salah satu cara untuk mencintai diri sendiri.

Baca juga : CrediBook Perkuat Layanan Grosir

“Agar kita bisa memberikan waktu, tenaga, cinta kita kepada orang lain baik itu suami atau anak, kita harus memulai dengan mencintai dan merawat diri sendiri terlebih dahulu,” ujarnya.

PT Kobe Boga Utama berharap, dengan diadakannya webinar Love Yourself First tersebut maka dapat membantu mengubah sudut pandang permasalahan yang sedang dihadapi serta mengetahui cara mengatasi kesedihan, kecemasan, dan ketakutan dengan lebih memahami dirinya sendiri yang dimulai dari self love. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.